alexametrics

5 Tampilan Fisik yang Dianggap Perlu Dimiliki Wanita, Padahal Tidak Juga!

Xandra Junia Indriasti
5 Tampilan Fisik yang Dianggap Perlu Dimiliki Wanita, Padahal Tidak Juga!
Ilustrasi Wanita. (Pixabay)

Wanita dianggap sebagai manusia yang perlu terlihat sempurna, khususnya di bidang penampilan. Opini seperti ini membuat kebanyakan dari mereka sering merasa tidak percaya dan kurang nyaman.

Padahal, tidak semua yang diwajibkan harus dimiliki oleh para wanita. Contohnya, 5 penampilan fisik di bawah ini.

1. Berkulit putih dan mulus

Standar kecantikan di berbagai negara termasuk Indonesia sepertinya menjunjung syarat harus berkulit putih. Tidak jarang mereka dengan kulit gelap merasa diasingkan, khususnya para wanita. Padahal, semua jenisnya asal sehat merupakan penampilan terbaik.

Belum lagi, wanita juga diwajibkan untuk memiliki wajah mulus tanpa jerawat. Sebagai informasi, masalah kulit ini timbul bukan hanya karena tidak rutin dirawat, melainkan disebabkan oleh hal-hal lain. Misal, perubahan hormon saat akan haid, stres, kurang tidur, serta pola hidup tidak sehat lainnya.

Maka dari itu, ubah standar kecantikan bahwa wanita harus berkulit putih dan mulus, karena pada dasarnya tidak ada yang buruk.

2. Tubuh ideal

Poin nomor dua ini merupakan penyebab insecure terbesar bagi setiap wanita. Sampai saat ini body shamming berkedok candaan masih banyak ditemukan di tiap kelompok. Terlihat sepele, namun banyak yang mengalami stres bahkan depresi usai bentuk tubuhnya dihina.

Tidak sedikit wanita dibenci dan dijauhi lantaran tubuhnya tidak ideal. Seolah-olah, gemuk hanya bisa dimiliki oleh para pria. Kebanyakan mereka dipaksa untuk diet ketat agar terlihat menarik. Biasanya yang memberikan adalah orang-orang terdekat.

Pada dasarnya, tubuh yang terlalu besar tidak disarankan untuk semua jenis kelamin bahkan usia. Pasalnya, keadaan seperti ini dapat memicu berbagai penyakit. Misal, obesitas. Jadi, berhenti mengatakan bahwa hanya wanita yang harus memiliki berat badan ideal.

3. Bebas dari bulu

Bulu yang tumbuh pada area tubuh seperti kaki dan ketiak selalu dianggap identik dengan pria. Oleh karenanya, para wanita dinilai aneh jika memilikinya dan diwajibkan untuk memangkas habis hingga tak ada sisa.

Bulu sendiri befungsi sebagai penyerap keringat dan melindungi kulit dari berbagai jenis parasit. Jadi, tidak ada masalah jika wanita ingin mempertahankannya. Terlebih mereka juga lebih sering menutupinya dengan pakaian saat pergi ke luar rumah. Alasan lain, bisa saja mereka takut iritasi untuk menggunakan produk cukur atau waxing.

Untuk itu, biarkan para wanita merasa nyaman dengan apa yang ia pilih. Salah satunya, membiarkan bulu-bulu yang menghiasi bagian tubuhnya.

4. Perut rata

Perut buncit biasanya disebabkan oleh sembelit (susah buang air besar), asam lambung naik, kembung masuk angin, atau begah karena terlalu banyak makan. Kondisi seperti ini bisa dialami oleh semua orang, baik wanita maupun pria.

Namun, pada kasus tersebut, kebanyakan hanya wanita yang terus disorot hingga dipaksa untuk meratakan perut. Padahal, siapapun berhak melakukan hal ini guna tubuh terasa lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah yang sudah disebutkan diatas.

5. Payudara besar

Seringkali wanita dengan dada rata menerima komentar buruk, seperti "cewek kok rata, nggak menarik sama sekali". Padahal segala ukuran tidak menjadi masalah selama kondisinya sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya, yakni untuk menyusui.

Tidak heran jika banyak wanita ingin memperbesar payudara miliknya karena menjadi kurang percaya diri. Mereka agak sulit menerima bentuk asli karena terlalu sering mendapat penilaian buruk dari orang lain. 

Mulai saat ini, bersyukurlah dengan apa yang kamu miliki karena hal tersebut merupakan sebuah anugerah dari Sang Pencipta. Kamu hanya perlu menjaganya agar tetap sehat.

Itulah kelima penampilan fisik yang dianggap perlu dimiliki oleh setiap wanita, padahal sebetulnya tidak. Mengingat semua manusia punya titik ternyaman masing-masing dan tidak bisa sepenuhnya sempurna.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak