alexametrics

Pentingnya Olahraga di Masa Pandemi Covid-19

vanecia conery
Pentingnya Olahraga di Masa Pandemi Covid-19
Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)

Tahukah Anda bahwa Hari Olahraga Nasional ditetapkan pada tanggal 9 September? mungkin hanya sedikit orang yang tahu mengenai tanggal ini. Dilansir dari Ditsmp Kemdiukbud, hal ini ditetapkan oleh Presiden Soeharto tanggal 9 September 1985, di Kota Solo telah dicanangkan Hari Olahraga Nasional sebagai langkah awal gerakan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Olahraga merupakan hal yang setidaknya harus Anda lakukan 3-5 kali dalam seminggu. Terlebih di masa pandemi ini, Anda harus mempertahankan daya tubuh Anda agar tetap stabil dan semakin kuat. Banyak olahraga yang dapat Anda lakukan walaupun hanya di rumah saja, seperti, workout. Tentunya ada beberapa manfaat mengapa Anda harus melakukan olahraga secara rutin, seperti:

1. Terhindari dari paparan virus Covid-19

Saat ini, Indonesia sendiri sedang menghadapi krisis Covid-19. Virus ini terus berkembang dan sangat meresahkan masyarakat. Oleh karena itu, olahraga mengambil peran penting untuk mencegah diri kita terhindar dari virus ini. Pasalnya, virus ini sangat membenci daerah panas sehingga dengan kita berolahraga, maka akan membuat virus itu pergi dan meninggalkan kita. 

2. Mencegah gangguan mental

Covid-19 membuat masyarakat resah dan pastinya bosan hanya melakukan aktivitas di rumah saja atau stay at home sehingga beberapa orang mungkin stres. Ditambah, banyak masyarakat yang termakan berita hoaks dari sosial media dan menjadikan hal tersebut sugesti. Cara untuk menghilangkan stres adalah dengan melakukan olahraga di rumah bersama dengan keluarga. 

3. Menghindari berbagai penyakit

Rutin melakukan olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Hal ini terjadi karena aktivitas di rumah terbatas karena banyak menghabiskan waktu dengan menonton televisi, tiduran sehingga makanan yang kita konsumsi tidak tercerna dengan baik dan lancar sehingga menimbulkan risiko penyakit. 

Olahraga apa saja yang dapat dilakukan dikondisi pandemi Covid-19?

Seperti yang sudah dijelaskan, olahraga yang dapat dilakukan saat kondisi pandemi Covid-19 adalah olahraga dengan intensitas dan durasi yang sedang. Jika bisa, lakukan di luar ruangan sehingga terkena sinar matahari yang tentunya membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Olahraga yang dapat Anda lakukan bisa seperti workout, lompat tali, lari di tempat. Jika memiliki mesin kardio, Anda juga dapat menggunakan peralatan tersebut. Tentunya olahraga di rumah pun akan menjadi lebih menyenangkan jika bersama keluarga, jadi ajak anggota keluarga Anda untuk rutin berolahraga ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak