alexametrics

4 Cara Mengakhiri Obrolan Pesan Singkat dengan Sopan

Denisa Shafadila
4 Cara Mengakhiri Obrolan Pesan Singkat dengan Sopan
Ilustrasi orang yang sudah bosan. (Pixabay/Kimberrywood)

Berkomunikasi dengan orang lain merupakan kegiatan sehari-hari yang pasti dilakukan oleh manusia. Entah itu secara langsung maupun melalui media tertentu, kamu pasti akan melakukan obrolan dengan orang lain.

Salah satu obrolan yang bisa dilakukan adalah melalui chat. Chattingan akan semakin seru apabila kamu melakukannya dengan orang yang kamu suka atau memang pembahasannya sangat menarik sehingga kamu tidak mau berhenti dan terus melanjutkan chat.

Namun, bagaimana jika obrolan dalam chat sudah tidak lagi nyambung sehingga membuatmu tidak betah untuk melanjutkan chattingan lagi? Apa yang akan kamu lakukan? Apakah dengan setia melayani chat tersebut karena kamu merasa tidak enak atau malah langsung meninggalkannya?

Supaya tidak bingung, berikut ini ada cara-cara menarik agar kamu bisa mengakhiri obrolan pesan singkat dengan sopan.

1. Katakan bila kamu sedang ada urusan

Jika memang sudah tidak ada hal menarik serta penting untuk dibahas dalam sebuah chat, kamu bisa berkata kepada temanmu bahwa kamu sedang ada urusan lain yang harus segera dikerjakan. Katakan padanya dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan agar temanmu tidak salah paham padamu. Dengan berkata seperti itu, temanmu pasti akan paham serta mempersilakan kamu untuk melakukan pekerjaan lain tersebut. 

2. Manfaatkan emoticon dan stiker 

Jika kamu memang sudah tidak tertarik dengan obrolan yang ada di dalam chat, kamu bisa memberikan sinyal dengan hanya membalas pesan singkat temanmu dengan menggunakan emoticon atau stiker yang kamu miliki.

Jika temanmu paham, maka ia pasti sudah tahu bahwa kamu tidak tertarik lagi dengan obrolan chat tersebut sehingga temanmu tidak akan meneruskan chat tersebut.

3. Bilang bahwa kamu sudah ingin beristirahat

Kadang setelah chattingan manusia memang sering lupa waktu hingga larut malam. Jika kamu memang sudah lelah dan membutuhkan waktu istirahat, bilang saja pada teman chat-mu bahwa sudah larut malam sehingga kamu butuh istirahat.

Berikan pengertian pada temanmu bahwa masih ada hari esok untuk bisa melanjutkan chat kembali. Ada etika dalam chat yang perlu diketahui, begitu pula dengan aturan waktu ketika sedang chattingan. Kamu juga memiliki hak untuk bisa beristirahat jika memang sudah waktunya.

4. Katakan jika kamu belum bisa membalas pesannya

Kesibukan terkadang memang membuat kamu tidak bisa langsung membalas pesan dari temanmu. Oleh karena itu, jelaskan saja apa adanya bahwa saat itu kamu sedang ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga kamu belum bisa membalas pesannya. Berikan pengertian bahwa kamu akan membalas pesan tersebut setelah pekerjaanmu telah selesai.

Chattingan memang terkadang bisa menjadi sangat menyenangkan. Namun, bisa juga jadi membosankan. Jika memang sudah tidak ada hal penting yang perlu dibicarakan, kamu memiliki hak untuk bisa mengakhiri chattingan tersebut. Namun, hal yang perlu diingat pastikan kamu mengakhiri chat dengan baik-baik dan secara sopan agar tidak menyinggung perasaan teman chat kamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak