alexametrics

5 Nilai Hidup dari Series Terpopuler Netflix 'Squid Game'

Xandra Junia Indriasti
5 Nilai Hidup dari Series Terpopuler Netflix 'Squid Game'
Squid Game. (Netflix)

Squid Game merupakan series orisinil Netflix yang tayang mulai 17 September lalu dengan total sembilan episode. Popularitasnya kian meningkat hingga saat ini. Media sosial terus-terusan dibanjiri pembahasan mengenai tontonan asal Korea Selatan tersebut.

Tak hanya menyajikan ketegangan melalui permainan yang seru dan menyeramkan, Squid Game nyatanya memberikan berbagai nilai-nilai penting dalam hidup. Nah, di bawah ini 5 di antaranya.

1. Pantang Menyerah

Nilai hidup pertama yang bisa diambil dari series Squid Game adalah pantang menyerah. Terlihat dari berbagai adegan yang memperlihatkan Gihun (456) dalam mencari uang demi mengambil alih hak asuh anak dan membahagian Ibunya.

Sebagai manusia, kamu boleh mengeluh karena hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar akibat terlalu lelah beraktivitas. Dengan catatan, keluhan tersebut tidak membuatmu malas, menyerah, dan berhenti. Diingat-ingat, ya! 

2. Berani Ambil Risiko

Semua peserta Squid Game mengajarkanmu tentang keberanian dalam mengambil kepusan berisiko. Mereka tahu bahwa permainan tersebut dapat melayangkan nyawa, namun tetap dilakukan demi terwujudnya cita-cita, yaitu hidup bahagia dan terbebas dari hutang.

Jadi, saat dihadapkan dengan pilihan, ikuti saja kata hati. Kamu juga harus siap menerima risiko apapun dari apa yang dipilih dan berani mengatasinya. Jangan lupa percaya pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya, bahkan tanpa bantuan orang lain.

3. Tidak Berharap Lebih

Sesuatu yang berlebihan memang tidak pernah baik, termasuk berharap pada orang lain. Mungkin ia punya banyak faktor pendukung yang dapat meyakinkanmu bahwa ia adalah seseorang dengan penuh kebaikan. Padahal belum tentu, mengingat sikap dan perilaku manusia yang bisa berubah meski beberapa detik saja.

Satu contoh, pada series Squid Game, Ali (199) dan Gihun (456) terlalu menaruh harapan lebih pada satu peserta yang dianggap memiliki kemampuan mumpuni. Jadi, keduanya seringkali percaya pada apa yang orang itu katakan hingga baru tersadar bahwa ada pengkhianatan saat hidup berada di ambang batas kematian.

Oleh karena itu, hindari berharap lebih terhadap orang lain, apalagi menyangkut nyawa. Percayakan masalah tersebut pada diri sendiri. Pasalnya, hanya kamu yang tahu mana hal terbaik juga buruk karena perjalanan hidup bukan dijalani oleh mereka.

4. Peduli terhadap Orang Lain

Film ini memang banyak menyajikan adegan sadis, seperti penculikan, pengawasan, dan pembunuhan. Namun, ada beberapa yang memiliki nilai kepedulian dan bisa kamu jadikan motivasi untuk berbuat hal sama. Pasalnya, ada pepatah mengatakan jika kamu ingin diperlakukan dengan baik oleh orang lain, cobalah berbuat hal serupa terhadap mereka.

Satu contoh, Gihun (456) yang terus-terusan peduli terhadap keselamatan orang terdekatnya, termasuk Oh Ilnam (001), kakek yang jarang diajak peserta lain untuk bergabung. Namun, dengan rasa hormat dan peduli yang tinggi, Gihun mau berpasangan dan satu grup dengannya. Hal ini juga dilakukan oleh Ali terhadap hidup Gihun yang nyaris berakhir di salah satu permainan.

5. Tanggung Jawab

Beberapa adegan pada series Squid Game menampilkan banyak orang yang memiliki rasa tanggung jawab. Baik pada keluarga, pasangan, bahkan diri sendiri untuk memenuhi tagihan pinjaman. Meskipun berat, mereka tetap melakukannya karena tidak ingin yang bersangkutan kecewa dan bisa hidup tenang.

Dengan begitu, dari series ini kamu bisa belajar arti tanggung jawab, yakni sebuah perilaku dimana perlu bersikap bijaksana terhadap sesuatu yang dianggap telah menjadi masalahmu. Jangan pernah lari dari kenyataan, karena sikap ini hanya mengajarkan kamu berani menghadapi apapun walau buruk.

Nah, dari kelima nilai hidup pada series Squid Game diatas, mana yang menurutmu paling berkesan? Apakah poin tersebut berpengaruh pada kehidupanmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak