alexametrics

4 Trik Cerdas untuk Beradu Argumen Ketika Meeting Supaya Tidak Konflik

Rizki Putra
4 Trik Cerdas untuk Beradu Argumen Ketika Meeting Supaya Tidak Konflik
Ilustrasi meeting. (pexels.com/fauxels)

Meeting merupakan hal yang dibutuhkan untuk membicarakan banyak hal yang perlu dilakukan dalam mengerjakan suatu project. Pasti ada pembahasan yang diangkat ketika sedang meeting, tentu akan menemukan perbedaan pandangan setiap orang.

Karena perbedaan sudut pandang, mau enggak mau sering terjadi adu argumen untuk menemukan pendapat siapa yang paling tepat. Sehingga, tidak heran terjadi konflik di dalam meeting hingga setelahnya. Maka dari itu, simak 4 trik cerdas untuk beradu argumen ketika meeting supaya tidak konflik.

1. Fokus pada pembahasan sesuai topik

Melakukan meeting bertujuan ingin mebahas suatu topik untuk kepenting tim ataupun perusahaan. Maka dari itu, setiap orang harus mampu mengemukakan pendapat fokus pada pembahasan sesuai dengan topik.

Namun, kalau pembahasannya jadi lari kemana-mana, orang lain pun akan kesal mendengar pendapatmu. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu konflik.

2. Memberikan argumen yang logis dan jelas

Setiap orang yang ada dalam meeting berhak memiliki dan menyampaikan argumennya. Entah itu suatu saran atau ide gagasan yang bisa disampaikan.

Karena hal tersebut sudah menjadi keharusan bahwa argumen baiknya dapat diterima secara logis dan jelas. Sehingga, rekan kerja lainnya dapat memahami maksud dan tujuan dari ide gagasan yang disampaikan.

3. Memberikan apresiasi

Karena setiap orang memiliki gagasannya masing-masing, alangkah baiknya harus bisa mendengarkan dan memahami secara jelas setiap pendapatnya. Supaya tidak ada miskomunikasi antara anggota tim.

Jangan sampai kamu gengsi untuk memberikan apresiasi anggota tim lainnya. Bagaimanapun juga, kalau kamu sudah berpikiran dewasa mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain.

4. Tidak memotong pembicaraan

Etika bekerja memang sangat dibutuhkan untuk bisa lebih menghargai orang lain, terutama pada saat meeting. Hal yang harus dihindari adalah memotong pembicaraan atau pendapat dari anggota tim.

Sebab, hal itu suatu tindakan yang tidak sopan dilakukan. Kalau melakukan hal itu, kamu terkesan memandang sebelah mata ide gagasan orang lain dan tidak menghormatinya.

Berdasarkan ulasan di atas, trik-trik tersebut ada baiknya diterapkan bukan hanya ketika sedang meeting, tapi dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, supaya tidak terjadi konflik dengan orang lain, lantaran kamu tidak bisa menghargai setiap ide gagasannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak