facebook

5 Drama Korea yang Paling Banyak Dibahas di Twitter

Redita Reza Azzahra
5 Drama Korea yang Paling Banyak Dibahas di Twitter
Itaewoon Class (Soompi)

Pada Konferensi di acara online MU:CON 2021 yang sedang berlangsung, Kim Yeonjeong yang merupakan Kepala Kemitraan Kpop dan K-Content global di Twitter memberikan presentasi berjudul “ #BeyondKPOP: Globalisasi K-Culture dari musik Kpop hingga Film, Drama, Webtoon dan lainnya”. 

Mengutip Koreaboo, Selama presentasi tentang semakin populernya budaya Korea di luar Kpop, dia membahas tentang data yang dikumpulkan dari Twitter untuk menunjukan dampak media seperti film Korea dan K-Drama menjadi lebih luas dan lebih populer dibahas secara Online. 

Hasil agregasi data dilakukan oleh Twitter dan perusahaan VAIV melalui teknik big data Text mining yang menganalisis Tweet berbahasa Inggris global dari Juli 2018 hingga Juni 2021. Dengan data ini, mereka dapat menentukan 20 K-Drama yang paling banyak dibicarakan disebuah skala global selama periode ini. Berikut adalah 5 K-Drama yang paling banyak disebutkan dalam Skala global selama tiga tahun terakhir. 

1.  Kingdom 

Serial ini menayangkan musim pertamanya pada awal 2019, merupakan K-Drama yang paling banyak disebutkan secara global di Twitter selama tiga tahun terakhir! Drama ini memiliki perpaduan unik menjadi serial sejarah dengan twist Kiamat Zombie. Kedua Genre ini sangat populer dikhalayak umum, dan menerima banyak pujian. Jadi tidak heran jika genre ini sangat populer. 

2.  Itaewon Class 

Salah satu K-Drama yang paling dipuji selama penayangannya antara Januari dan Maret pada tahun 2020 karena plotnya yang menawan. Selain itu, Serial ini populer karena lagu OST “Sweet Night” yang dinyanyikan oleh anggota BTS V! Drama ini menunjukkan betapa pengaruhnya hal itu dalam membuat penggemar baru tertarik dengan bentuk konten Korea ini. 

3. True Beauty 

True Beauty benar-benar mendapat perhatian dari penggemar Kpop segera karena dibintangi oleh idol populer, Eunwoo ASTRO. Drama ini ditayangkan antara Desember 2020 hingga Februari tahun ini, dan selama waktu itu dengan mudah menjadi salah satu drama yang paling banyak dibicarakan diantara penggemar Internasional. 

4. Vincenzo 

Drama ini ditayangkan antara Februari dan Mei tahun ini, dan sementara orang-orang yang sudah menjadi penggemar K-Drama kemungkinan tertarik dengan aktor seperti Song Joong Ki yang membintangi serial ini, anggota 2PM yang terkenal Taecyeon juga memiliki peran dalam drama ini. 

5. Sky Castle 

K-Drama tertua dalam daftar ini dengan waktu tayang November 2018 hingga Februari 2019. Sejak itu, dia mempertahankan gelar sebagai K-Drama dengan peringkat kedua tertinggi dalam sejarah televisi, dengan peringkat pemirsa yang sangat tinggi di Cina dan juga Korea Selatan. 

Drama ini memiliki plot yang berhubungan dengan melibatkan sistem pendidikan yang keras di kedua budaya ini, dan merupakan salah satu Drama yang mendapat popularitas global massal tanpa koneksi Kpop yang jelas. 

Nah, itulah 5 K-Drama yang paling banyak dibicarakan di Twitter karena kepopularitasnya dan sangat menarik pada alur ceritanya, ada Drama favoritmu? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak