facebook

4 Drama Korea Bertema Sekolah, Penggambaran Kerasnya Pendidikan di Korea Selatan

Redita Reza Azzahra
4 Drama Korea Bertema Sekolah, Penggambaran Kerasnya Pendidikan di Korea Selatan
SKY Castle (Soompi)

Drama Korea yang bercerita tentang kehidupan sekolah sering kali menjadi favorit banyak orang. Sebab, Drama Korea bertema sekolah kadang menghadirkan berbagai variasi cerita.

Dalam K-Drama seputar kehidupan sekolah, terkadang disisipi kisah romansa, tentang betapa indahnya kisah cinta para muridnya. Namun, tak jarang muncul makna kerasanya dunia pendidikan di Korea Selatan yang disebut-sebut relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Seperti diketahui, Korea Selatan merupakan negara dengan sistem pendidikan yang cukup keras. Berikut beberapa Drama Korea yang menggambarkan kerasnya pendidikan di Korea Selatan. 

1. Sky Castle

SKY Castle (Hellokpop)
SKY Castle (Hellokpop)

Salah satu drama Korea terpopuler ini menceritakan tentang kehidupan orang tua kelas atas yang tinggal dalam lingkungan mewah di pinggiran kota Seoul. Mereka saling mempertahankan kesuksesan keluarga dengan mengorbankan kehidupan orang lain. 

Drakor ini sering kali dibilang mirip dengan kehidupan asli masyarakat Korea Selatan. Mereka saling ambisius dengan pencapaian untuk masuk ke salah satu Universitas Favorit, yakni Seoul National University (SNU). Bahkan, dalam drama ini, para ibu tidak sungkan untuk merogoh kocek hingga miliaran won untuk menyewa tutor. Semua dilakukan agar anak mereka berhasil masuk ke universitas terbaik di Korea Selatan

2. The Penthouse

Drama Penthouse
Drama Penthouse

Drama Korea yang memiliki tiga musim, Penthouse, juga masuk dalam daftar ini. Para anak dituntut untuk bisa saling bersaing. Bahkan orang tua saling mereka juga mengorbankan kehidupan orang lain. Salah satu karakter utama dalam drama ini, Oh Yoon Hee, digambarkan datang dari keluarga kurang mampu. Dia bekerja keras demi bisa membawa anaknya, Bae Rona, mencapai kesuksesan. 

Berkat bakat dan tekad yang kuat, Bae Rona mampu membuktikan bahwa dirinya bisa mencapai kesuksesan, setelah melewati lika-liku persaingan tak mudah.

3. Class of Lies 

Class of Lies (Instagram/OCN_Original)
Class of Lies (Instagram/OCN_Original)

Class of Lies menceritakan tentang seorang pengacara sukses dengan bayaran tinggi Gi Moo-hyeok (Yoon Kyun-sang) yang reputasinya rusak akibat kejadian pembunuhan di sekolah. Dia kemudian menyamar sebagai guru honorer di sekolah untuk membongkar dan menyelesaikan perkara pembunuhan itu. 

Drama ini menggambarkan kasus bullying yang sering terjadi dan banyak penuh dengan teka-teki. Drama Korea ini cocok untuk kamu pecinta genre misteri thriller. Class of Lies dibintangi oleh Yoon Kyung-san dan Geum Sae Rok sebagai pemeran utama. 

4. School 2015

School 2015 (Koreaboo)
School 2015 (Koreaboo)

Sama dengan Class of Lies, drama Korea ini juga terdapat kasus bullying yang terjadi di sekolah. Drama yang dibintangi oleh Kim So-hyun, Nam Joo-hyuk, dan Yook Sung-jae BTOB bercerita tentang dua karakter berbeda. 

Go Eun-byeol merupakan gadis populer di sekolahnya. Ia mempunyai banyak teman. Sedangkan Lee Eun-bi yang merupakan kembaran Eun-byeol sering menghadapi bullying dari teman sekelasnya. Kasus Bullying memang menjadi salah satu kasus yang sering diangkat dalam Drama Korea. Kasus ini juga terbilang tinggi di Selasan

Itulah beberapa Drama Korea bertema sekolah yang menggambarkan kerasnya pendidikan di Korea Selatan. Ada drakor kesayanganmu? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak