alexametrics

4 Tips Ampuh Mengatasi Rasa Malas, Harus Disiplin!

Reza Hour
4 Tips Ampuh Mengatasi Rasa Malas, Harus Disiplin!
Ilustrasi malas bekerja. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pasti semua orang pernah mengalami rasa malas, namun hal itu memang wajar terjadi. Tapi, ada baiknya jangan berlarut-larut terjerumus dalam sifat malas. Sebab, sangatlah merugikanmu terutama untuk pencapaian masa depanmu yang saat ini sedang ingin kamu raih.

Jika mau sukses meraih cita-citamu, ada baiknya untuk melawan perasaan tersebut. Sebab, itu adalah hambatan yang paling sulit dilawan kalau belum disiplin. Maka dari itu, simak 4 tips mengatasi rasa malas supaya tidak menghabiskan waktu sia-sia.

1. Hilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan

Kalau sudah menganggap remeh sesuatu pekerjaan atau menundanya, itu adalah kebiasaan buruk yang kerap terjadi oleh sebagian orang. Alasannya mungkin deadline pekerjaan yang masih cukup lama, sehingga menelantarkannya begitu saja.

Mungkin ingin mernyegarkan pikiran dengan mencari hiburan, malahan kebablasan hingga membuang waktu sia-sia. Bagaimanapun juga, kebiasaan ini sebaiknya segera diubah, kalau kamu tidak mau menyesal dikemudian hari.

2. Membuat target atau tujuan yang harus capai

Supaya memadatkan waktu yang kamu punya, ada baiknya membuat target atau tujuan yang harus dicapai. Susunlah hal apa saja yang perlu diselesaikan setiap minggunya.

Kalau sudah memiliki target yang perlu dikerjakan, mau enggak mau memaksa diri untuk lebih bekerja keras dan mengurangi perlahan-lahan sifat malas. Hal ini terjadi karena ada dorongan untuk bisa memperoleh keinginan dalam diri bisa terwujud.

3. Menyusun jadwal pekerjaan

Dikehidupan sehari-hari, pasti ada saja yang menybukkan sampai kegiatanmu terasa padat. Dari situ pasti ada kegiatan yang sifatnya penting dan juga kurang penting.

Kalau kamu memaksakan diri melakukan semua kegiatan, pasti kondisi tubuh akan terasa lelah. Sebaiknya, membuat jadwal pekerjaan atau rutinitas harian agar bisa lebih efektif dan membuat prioritas dari hal yang penting dan kurang penting yang perlu dikerjakan dalam waktu satu hari.

4. Membangun motivasi dalam diri

Supaya menghilangkan rasa malas salah satunya dengan membangun motivasi dalam diri. Yups, cara ini ampuh untuk memaksa diri sendiri untuk terus bergerak untuk meraih tujuan dalam hidup.

Motivasi sangat dibutuhkan untuk mendorong untuk mau lebih memaksimalkan segala aspek yang dimiliki. Sehingga, akan menggunakan waktu sebaik mungkin dan mau lebih bekerja keras.

Berdasarkan ulasan di atas, untuk menggapai tujuan dalam hidup ada baiknya untuk menghilangkan rasa malas. Kalau tidak dimulai dari diri sendiri, lalu siapa lagi?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak