alexametrics

5 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Drama Korea Tentang Kecantikan Fisik

Redita Reza Azzahra
5 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Drama Korea Tentang Kecantikan Fisik
Drama True Beauty (Soompi)

Cerita Kecantikan fisik bukanlah baru dalam Drama Korea. Drama korea sering kali terang-terangan membahas tentang standar kecantikan Korea yang mungkin mempengaruhi persepsi penonton tentang kecantikan. Inilah mengapa penting untuk menonton Drama Korea ini dengan pemahaman, bimbingan, dan kebijaksanaan penonton yang tepat. 

Berikut pelajaran yang dapat dipetik dari Drama Korea yang mengangkat Topik Kecantikan fisik. 

1. Parfume

“Dirimu yang sebenarnya akan selalu bersinar apapun yang terjadi"

Min Jae Hee (Ha Jae Sook/ Go Won Hee), adalah seorang ibu rumah tangga yang setia dan selalu mengutamakan keluarganya, melupakan perawatan diri dan tidak pernah membela dirinya sendiri. Suaminya memandang rendah dirinya karena berat badannya dan berselingkuh dengan wanita lain. 

Drama rom-com ini menceritakan tentang kerasnya masyarakat dan industri fashion. Saat ini, ada beberapa model ukuran plus perintis di seluruh dunia, tetapi di korea tidak pernah terjadi. Jae Hee tidak akan bisa mencapai mimpinya karena meyandari potensi yang kurang. Akhirnya perancang busana Seo Yi Di (Shin Sung Rok) mengenali Jae Hee bukan karena dia cantik, melainkan mengingatkan kekasih masa kecilnya. 

2.  Bith of the Beauty 

“Kebahagiaan tidak dapat dicapai dengan balas dendam terhadap orang lain” 

Serial televisi tahun 2014 ini mengangkat Tema Operasi plastik. Drama ini menceritakan tentang seorang perempuan cantik dan gemuk bernama Sa Geum Ra (Ha Jae-sook) yang menikah dengan pria dari keluarga kaya raya. Suami Sa Geum-ra, Lee Kang-joo (Joong Gyu-woon) berselingkuh dengan pembawa acara terkenal, Gyo Chae-yeon (Wang Ji-hye). Mengetahui suaminya berselingkuh, Geum ra sangat putus asa yang berusaha pergi, namun saat dalam perjalanan dirinya mengalami kecelakaan mobil.

Semua orang menyangka Sa Geum-ra bunuh diri, tidak ada yang tahu bahwa sebenarnya dia masih hidup, hingga dia dipertemukan oleh Han Tae-hoon (Joo Sang-wook), yakni seorang bedah plastik dari acara televisi “Change” untuk mengubah penampilannya. Bersama Han Tae, dia berencana untuk membalas dendan dengan merusak pernikahan Kang Joo dan Chae Yeon. 

3. My ID is Gangnam Beauty 

“Kepercayaan diri tidak serta merta datang dari kecantikan fisik”

Drama yang diadaptasi dari webtoon ini menceritakan tentang Kang Mi-rae yang menjalani operasi plastik karena penampilannya sering diganggu. “Kelahiran kembali” tampaknya berhasil, tetapi ketika kehidupan perkuliahannya dimulai banyak sekali tekanan. Mulai dari teman-temannya yang mengejek karena penampilan operasi plastiknya hingga lebih buruk lagi. Dalam drama ini Im soo hyang berperan menjadi Kang Mi-rae sementara Do Kyung-Seok (Cha Eun-woo) menjadi lawan mainnya. 

Drama ini adalah monolog konstant dalam diri Mi Rae saat dirinya berjuang melawan rasa tidak amannya bahkan setelah dirinya menjadi cantik karena operasi plastik dan memenuhi standar semua orang. 

4. She was Pretty 

"Bakat dan kecerdasan membuat seseorang semakin cantik"

Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum) kehilangan kecantikannya saat dia menua dan tumbuh menjadi wanita dengan wajah kemerahan, bintik-bintik dan rambut keriting. Sementara Ji Sung Joo (Park Seo Joon) seorang laki-laki gemuk yang tumbuh menjadi tampan dan gagah sebagai kepala perusahaan penerbitan. Hye Jin bukanlah kandidat untuk perusahaan majalah, Namun kemampuan mengedit dan akal yang luar biasa dia menjadi salah satu anggota staff yang berharga.

Dari drama ini kita dapat pelajaran bahwa bakat dan keterampilan pemeran utama mengsampikan apa yang orang lain katakan atau pikirkan tentang penampilan, pada akhirnya inilah yang membuat mereka cantik. 

5. True Beauty 

“kamu dapat mencapai kecantikan dengan cara kamu sendiri” 

Serial televisi juga diadaptasi dari webtoon dengan nama yang sama karya Yaongyi ini berceritakan tentang seorang siswi SMA yang menjadi terkenal sebagai gadis cantik setelah memperluas kemampuannya dalam rias yang dia pelajari lewat youtube. Perubahan pada wajahnya membuat kehidupannya juga ikut berubah, dirinya bahkan memilih untuk mati daripada harus menunjukan wajahnya tanpa makeup. Menariknya dalam serial ini dibintangi oleh Cha Eun-woo (Astro) yang berperan menjadi Lee Su-ho.

Itulah 5 pelajaran yang dapat kita ambil dari Drama Korea yang mengangkat Topik tentang Kecantikan Fisik. Ada pelajaran dalam Drama yang kamu suka? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak