alexametrics

Lawan Rasa Malas di Pagi Hari dengan 5 Tips Ini

Xandra Junia Indriasti
Lawan Rasa Malas di Pagi Hari dengan 5 Tips Ini
Ilustrasi Malas di Pagi Hari. (pixabay)

Malas merupakan situasi ketika seseorang sedang kurang selera dalam melakukan sesuatu. Kondisi ini tergolong pada kelompok yang negatif, karena dapat menghentikan produktivitas. Terlebih jika sudah merasakannya sejak bangun tidur di pagi hari.

Oleh karena itu, kamu perlu berbagai tips untuk melawan rasa malas tersebut, khususnya di waktu pagi. Nah, berikut ini 5 di antaranya.

1. Tidak menggunakan ponsel

Ponsel merupakan benda wajib masa kini yang dimiliki tiap orang untuk berkomunikasi. Tidak heran, siapapun akan ketergantungan dengannya, termasuk saat bangun tidur. Kebanyakan dari kamu memilih memeriksa ponsel terlebih dahulu ketika mata mulai terbuka.

Padahal, melakukannya dapat memicu rasa malas. Khususnya jika ada sesuatu yang seru disana. Kamu bisa terus-terusan berada di kasur dan menghambat segala aktivitas dengan bermain ponsel. Maka dari itu, hindari membuka benda ini dalam waktu yang lama saat pagi hari.

2. Menggerakan tubuh

Di waktu bangun dari tidur, tubuh biasanya terasa kaku dan membuat siapapun merasa malas untuk beranjak. Saking enaknya, bisa sampai lupa dengan waktu. Pekerjaan pun tak akan terkoordinasi, bahkan tidak selesai. Kamu akan menerima kerugian setelahnya.

Untuk itu, coba gerakan tubuh saat bangun tidur. Bisa dengan olahraga, melakukan pekerjaan rumah, bahkan mengerjakannya di kasur. Duduk dengan posisi tegak, lalu ayunkan tangan secara perlahan. Lakukan juga relaksasi pada kaki, kepala, dan bagian yang lainnya. 

Setelah menggerakan tubuh, kamu akan menjadi lebih segar dan tentu siap menjalani hari-hari dengan penuh semangat. Cobain, deh!

3. Jalan-jalan pagi

Saat merasa malas di pagi hari dan sekiranya bisa memakan waktu lama, cobalah melakukan jalan-jalan. Tak perlu menempuh jarak jauh. Cukup berkeliling mengitari area sekitar rumah. Jika terlalu capek, bisa juga menggunakan sepeda.

Hal ini bertujuan merelaksasi pikiran dan tubuhmu. Pasalnya, udara di pagi hari cenderung menyegarkan. Apalagi jika kamu tinggal di lingkungan asri yang masih dipenuhi oleh pepohonan atau sawah hijau. Dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat dalam melakukan berbagai pekerjaan.

4. Membersihkan diri

Niat untuk mandi di waktu pagi memang sulit dibentuk. Padahal, dengan melakukannya, kamu akan menjadi lebih bersemangat. Hal ini dikarenakan sifat air yang mampu menyegarkan tubuh serta pikiran. Ketegangan akibat stres di hari sebelumnya bisa berkurang.

Nah, tubuh yang rileks membuatmu lebih siap menjalani aktivitas. Untuk itu, cobalah mandi saat bangun tidur. Ingat bahwa kesegaran dan kesejukan air mampu mengurangi rasa malas. 

Jika tidak memiliki banyak waktu, bisa juga membersihkan diri dengan hanya mencuci muka dan menggosok gigi. Gunanya agar mata menjadi segar yang mana dapat melawan keinginan untuk tidur lagi.

5. Mengonsumsi kafein

Sudah diketahui jika kafein mampu mengatasi rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi. Jadi, begitu mengonsumsinya, kamu bisa menjadi lebih semangat. Dengan catatan tidak dalam porsi yang berlebihan, karena dapat memicu berbagai penyakit, termasuk asam lambung.

Kandungan ini bisa kamu temukan pada kopi, cokelat, dan teh. Seduhlah salah satunya di pagi hari guna tubuh dan pikiran lebih siap dalam menjalani aktivitas tanpa rasa kantuk maupun malas.

Itulah kelima tips yang bisa diterapkan guna melawan rasa malas yang seringkali muncul di pagi hari. Apakah salah satu atau bahkan semuanya ampuh bagimu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak