alexametrics

4 Cara Jitu Menghadapi Gosip Miring Tentang Dirimu di Tempat Kerja

Reza Hour
4 Cara Jitu Menghadapi Gosip Miring Tentang Dirimu di Tempat Kerja
Ilustrasi berdiskusi. (pexels.com/Anna Shvets)

Meski pekerjaan yang kita jalani cukup buat kita senang, namun tetap perlu juga memiliki lingkungan kerja yang suportif. Kenyataannya, bisa bekerja dengan produktif diperlukan suasana kerja yang nyaman.

Namun, lingkungan tempat kerja yang kerap kali suka bergosip atau menjatuhkan satu sama lain pasti membuatmu tidak nyaman bekerja dengan lingkungan seperti itu.

Apalagi, dirimulah yang menjadi sasaran gosip bagi rekan kerjamu. Maka dari itu, simak 4 cara jitu menghadapi gosip tentang dirimu di tempat kerja.

1. Tetap tingkatkan performa kerja

Ketika kondisimu sedang diterpa oleh gosip miring, sudah sepatutnya kamu jangan memberikan respon bahwa dirimu lemah. Sebaiknya, bertingkah lakulah sebaliknya. Sebab, kalau kamu salah ambil tindakan justru bisa berpengaruh terhadap performa kerjamu.

Maka dari itu, kamu jangan sampai patah semangat supaya performa kerjamu terus meningkat. Alhasil, gosip miring tentang dirimu akan patah lantaran kamu tidak seperti yang mereka bicarakan.

2. Berdiskusi dengan penyebar gosip

Gosip miring yang kesannya negatif tentang dirimu, hal ini tentu jangan dibiarkan begitu saja. Sebab, kalau dibiarkan justru memperngaruhi kariermu saat ini. maka dari itu, tidak masalah jika kamu mencari tahu siapa penyebar gosip tentang dirimu.

Setelah itu, kamu bisa ajak dia berdiskusi secara baik-baik. Sampaikan rasa tidak nyaman atas tindakan gosip yang tidak sesuai fakta yang telah dia sebarkan. Bagaimanapun juga, jangan merasa takut lantaran ini menyangkut nama baikmu. Namun, jangan mudah terpancing emosi, ya!

3. Berikan faktanya

Pasti kamu tidak ingin mendengarkan gosip miring selama bekerja yang membuatmu semakin tidak betah di tempat kerja. Maka dari itu, ada baiknya untuk segera menghapus dan menjelaskan fakta kepada orang-orang sekitarmu.

Bagaimanapun juga, tindakan memutar balikan fakta, pasti tetap bisa terungkap jika mengetahui kebenarannya. Alhasil, mereka pun menyadari kondisi yang sebenarnya.

4. Tetap berikan respon yang positif

Seseorang dengan tipe suka bergosip biasanya memiliki percaya diri yang rendah. Namun, dia melihat orang lain yang lebih baik kemampuannya dibandingkan dirinya. Sehingga, dia memilih untuk bergosip lantaran merasa iri terhadap pencapaian orang lain.

Maka dari itu, jangan sampai kamu mudah terpancing emosi terhadapnya. Sebaiknya, berikan respon yang positif untuk menghadapi gosip tersebut, seperti memaafkannya. Alhasil, dirinya pun tidak enak hati terhadap dan tidak mengulang kesalahan yang sama.

Berdasarkan ulasan di atas, memiliki mental yang kuat dan kemampuan yang berkualitas, justru membuatmu mampu bertahan dan membuktikan hasil yang terbaik, tidak seperti gosip yang beredar tentang dirimu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak