alexametrics

4 Sisi Positif yang Bisa Diperoleh dari Sikap Overthinking

Reza Hour
4 Sisi Positif yang Bisa Diperoleh dari Sikap Overthinking
Ilustrasi berpikir. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebiasaan overthinking memang tidak semestinya dilakukan terus-menerus. Namun, ada beragam kejadian melakukan overthinking justru membuat kita bisa tertolong, lho.

Sebaiknya, jangan sampai ketika dalam keadaan overthinking tidak melakukan hal yang dilarang, ya! Bagaimanapun, berpikir secara berlebih memang wajar terjadi dalam kehidupan kita, kok. Tapi tetap ada batasannya, ya!

Maka dari itu, simak 4 sisi positif yang bisa diperoleh dari sikap overthinking.

1. Membantu untuk menyiapkan beragam rencana

Ketika diri kita sedang mengalami persoalan tertentu, tidak heran akan membuat lebih mudah overthinking. Apalagi, hal tersebut merupakan suatu hal yang penting. Alhasil, kita memperlukan beragam rencana untuk menyelesaikannya.

Overthinking justru membantu kita untuk menyiapkan beragam planning. Hal ini membuat kita jauh lebih berjaga-jaga jika kondisi sebenarnya diluar dari apa yang diharapkan.

2. Lebih siap menerima keadaan buruk

Seseorang yang melakukan overthinking dalam menghadapi persoalan, akan cenderung memikirkan suatu hal sampai keakar-akarnya. Alhasil, dia akan jauh lebih menerima keadaan buruk.

Sikap seperti ini, membuat diri kita jauh lebih siap jika dihadapkan kekecewaan dan tidak kaget dengan hal yang nantinya terjadi. Namun, jangan sampai hal ini dilakukan secara berlebihan, ya! Sebab, bisa membuatmu makin stres lantaran terlalu memikirkan sesuatu hal.

3. Setiap keputusan yang diambil telah dipikirkan secara matang

Kalau sudah overthinking, tentu sudah memikirkan beragam hal untuk bisa menentukan keputusan yang tepat. Alhasil, jadi tidak ragu-ragu dan sembarangan dalam memilih sesuatu hal.

Sebab, telah mempertimbangkan setiap perkiraan yang terjadi. Namun, jangan sampai justru terlalu berlarut-larut memutuskannya sampai kehilangan kesempatan, ya!

4. Jauh lebih belajar dari pengalaman buruk yang telah terjadi

Kebiasaan seseorang yang overthinking, memang cenderung sulit untuk bisa melupakan pengalaman buruk yang pernah terjadi. Bahkan beragam adegan bisa diingat dengan baik olehnya.

Walaupun hal ini bisa terkesan menambah beban pikiran, justru ada sisi positif yang bisa dipetik, lho. Alhasil, kita bisa lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan, supaya tidak terjadi pengalaman buruk terulang kembali.

 Berdasarkan ulasan di atas, walaupun bisa berdampak baik untuk kehidupan kita, overthinking tetap harus ada batasannya dan perlu dikendalikan dengan baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak