alexametrics

Ulang Tahun Dirayakan Google Doodle, Siapa Ellya Khadam Sebenarnya?

hestika yustisia
Ulang Tahun Dirayakan Google Doodle, Siapa Ellya Khadam Sebenarnya?
Ilustrasi Doodle Ellya Khadam (Google Doodle)

Hatiku gembira, riang tak terkira, mendengar berita, kabar yang bahagia. Ayahku 'kan tiba, datang dari India, membawa boneka yang indah jelita. Oh, sayang.

Pernahkan kalian mendengar lirik dari lagu tersebut? Mungkin bagi kalian yang lahir sebelum tahun 2000, tak asing dengan lirik lagu tersebut, bukan? Adakah yang bisa menebaknya?

Bagi kalian yang lupa, lirik tersebut merupakan bagian dari lagu yang berjudul ‘Boneka dari India’. Lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi legendaris pada tahun 1950an, yaitu Ellya Khadam. Sebelum mengenal lebih jauh akan sosok Ellya Khadam, mari kita lanjutkan penggalan lirik dari lagu yang sangat terkenal ini.

Boneka cantik, kumimpi-mimpi, menjadi idaman sepanjang hari, kini ku dapat boneka baru, untuk hadiah ulang tahunku. Bonekanya indah, pandai main mata, hatiku gembira, riang tak terkira, oh, sayang.

Boneka sayang, berbaju biru, boleh dipandang, tak boleh diganggu. Boneka cantik dari India, boleh dilirik, tak boleh dibawa. Kuayun, kubuai, kudendangkan, sayang. Tidurlah, hai, si Buyung, juwitaku, sayang. Oh, sayang.

Ellya Khadam dikenal sebagai sosok penyanyi legendaris, yang merupakan pelopor dari musik dangdut. Memiliki nama asli Siti Alya Husnah, sosoknya lagi pada tanggal 23 Oktober 1928 di Jakarta.

Semasa remaja Ellya Khadam tidak asing dengan musik Deli, musik pop Malaysia. Ia mengembangkan bakat musiknya ini sampai menemukan ciri khas tersendiri yang memungkinkannya  untuk menjadi terkenal.

Ellya Khadam aktif bernyanyi di pesta-pesta pernikahan. Ia mulai masuk ke dalam Orkestra Melayu Kelana Ria di tahun 1950an. Bakat menyanyinya yang memang luar biasa, membuat sosoknya di kenal sebagai penyanyi Orkestra Melayu Kelana Ria.

Kemudian sosok Ellya Khadam semakin dikenal sejak ia merilis lagu ‘Boneka dari India’, yang dirilis pada tahun 1956. Kecintaannya terhadap adat India membuatnya senang menggunakan ritme tabla India dalam lagu-lagunya. Ellya Khadam juga senang menggunakan sari tradisional India dan sindoor di dahinya.

Selain aktif di dunia musik, Ellya Khadam juga aktif di bidang perfilman. Ia berhasil membintangi belasan film di antaranya yaitu Ratu Amplop (1974), Benyamin Biang Kerok (1972), Dunia Sebelum Kiamat (1971), dan masih banyak lainnya.

Untuk mengenang sosok penyanyi legendaris, Ellya Khadam, Sabtu (23/10/2021) kemarin, Google Doodle menampilkan ilustrasi doodle dari sosok Ellya Khadam di home page Google. Google merayakan ulang tahun Ellya Khadam yang kesembilan puluh tiga.

Melalui laman resmi Google Doodle, ilustrasi doodle dari sosok Ellya Khadam digambarkan oleh Fatchurofi Muhammad, seorang seniman dari Semarang.

Selamat ulang tahun kepada Ellya Khadam, sosok penyanyi legendaris Indonesia yang berhasil mempopulerkan dangdut. Sosok yang menjadi kecintaan rakyat Indonesia sampai saat ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak