alexametrics

5 Tips Menjaga Kesehatan Rambut, Salah Satunya Perhatikan Jenis Sisir

Xandra Junia Indriasti
5 Tips Menjaga Kesehatan Rambut, Salah Satunya Perhatikan Jenis Sisir
Ilustrasi rambut sehat terawat. (pixabay)

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang dianggap penting karena dapat menunjang penampilan. Tidak heran banyak yang ingin merawatnya agar tetap terlihat sehat. Namun, mungkin sebagian dari kamu bingung harus melakukan apa.

Nah, berikut ini ada 5 tips untuk menjaga kesehatan rambut.

1. Membuat jadwal keramas

Banyak yang beranggapan bahwa keramas setiap hari mampu menyehatkan rambut. Padahal, rutinitas seperti ini mampu mengurangi kelembapan, karena minyak yang terdapat di dalamnya terus-terusan dihilangkan.

Untuk itu, buatlah jadwal keramas, misal 2-3 kali seminggu. Gunanya, agar rambut tetap sehat dan tidak kering.

2. Jangan hanya gunakan shampoo

Sebagian dari kamu berpikir mungkin merawat kesehatan rambut bisa dengan menggunakan shampo saja. Padahal, masih ada produk lain yang perlu diaplikasikan. Mengingat fungsi shampo yang rata-rata hanya untuk membersihkan rambut dari kotoran.

Untuk membuat rambut lembut, disarankan memakai kondisioner usai keramas. Tidak lupa rutin menggunakan masker dan vitamin agar tiap helainya menjadi kuat serta lembap, sehingga terhindari dari kekusaman. Oh, iya! Spray anti UV juga nyatanya diperlukan untuk menjaga rambut dari paparan sinar matahari yang dapat memicu kerusakan.

Sebagai pengingat, pilih jenis shampo dan produk perawatan yang cocok dengan kondisi rambutmu. Perhatikan kandungan di dalamnya dengan teliti. Siapa tahu ada yang membahayakan.

3. Perhatikan jenis sisir dan cara memakainya

Tak hanya jenis shampo, kamu juga perlu memperhatikan sisir yang menurut para ahli penting dalam menjaga kesehatan rambut. Pasalnya, hal ini mempengaruhi kulit kepala agar tidak mengalami berbagai gangguan.

Jenis pertama adalah bristle brush, berbentuk seperti sikat dengan gigi sisir yang terlihat jarang. Cocok digunakan untuk kamu yang memiliki jenis rambut panjang, mudah kusut, dan sulit diatur. Kemudian, ada round brush, bentuknya bulat dan mampu memberi volume pada rambut.

Terakhir, wide-tooth comb, sisir pendek dengan tiap gigi yang jaraknya cukup lebar. Jenis ini merupakan alternatif bagi yang punya rambut ikal, sehingga dapat merapikannya tanpa perlu takut menyangkut atau kusut.

Selain jenisnya, kamu juga perlu tahu cara menyisir yang baik. Uraikan terlebih dahulu rambut kusut, lalu sisir secara perlahan. Hindari melakukan hal ini pada keadaan rambut yang basah, guna mempertahankan kesehatan mulai dari permukaannya.

4. Rutin potong ujung rambut 

Tips lain untuk menjaga kesehatan rambut adalah dengan memotong ujungnya secara rutin. Pasalnya, bagian ini terbilang rentan bercabang. Terlebih bagi kamu yang memiliki rambut panjang. 

Nah, dengan rutin memotongnya, kamu akan terhindar dari permasalahan tersebut. Coba lakukan 10-12 minggu sekali. Jika sering menggunakan alat catok, sebaiknya 6-8 minggu sekali, karena panas listrik akan lebih cepat membuat rambutmu rusak.

5. Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Selain produk perawatan, nyatanya kamu perlu memperhatikan jenis makanan yang mendukung dalam memelihara kesehatan rambut. Misalnya, dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Keduanya bisa kamu peroleh melalui asupan yang mengandung zat besi, asam lemak omega-3, serta vitamin A, B12, dan B16. Semuanya akan bekerja melindungi kulit kepala, menutrisi rambut, dan memperlambat pertumbuhan uban.

Beberapa asupan yang memiliki kandungan-kandungan tersebut adalah sayuran hijau, kedelai, telur, ikan, stroberi, daging merah, dan jeruk.

Itulah kelima tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Bagaimana menurutmu?

Sumber: hellosehat, sehatq

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak