alexametrics

4 Alasan Sikap Mengalah Tidak Selalu Menunjukkan Kelemahan

Reza Hour
4 Alasan Sikap Mengalah Tidak Selalu Menunjukkan Kelemahan
Ilustrasi bersalaman. (pexels.com/Huy ProShoot)

Tidak semua orang bisa bersikap mengalah. Sebab, bukan perkara yang mudah untuk mengendalikan ego untuk bisa memiliki kerendahan hati. Namun, bukan artinya kalau mengalah kita sebagai orang lemah.

Kenyataannya, menjadikan dirimu semakin kuat bisa berlapang dada menerima keadaan yang terjadi. Maka dari itu, simak 4 alasan sikap mengalah tidak selamanya menunjukkan kelemahan.

1. Bisa menghargai perbedaan

Mengalah tidak selamanya menandakan bahwa itu sikap rendah diri. Sebab, kamu bisa lebih memahami bahwa setiap pandangan orang lain memiliki pola pikir yang berbeda-beda.

Hal ini yang membuatmu bisa lebih berlapang dada menerima perbedaan tersebut. Sehingga, kamu mampu menghargai setiap sudut pandang yang dimiliki orang lain.

2. Menghindar dari perdebetan

Tidak semua orang pasti enggan kalau dianggap lemah, dan justru lebih ingin dihargai. Maka dari itu, akan lebih cenderung mencari perhatian dalam berbagai hal.

Alhasil menginginkan pandangannya selalu bisa diterima oleh orang lain, hingga terkesan keras kepala. Jika kamu selalu berhadapan dengan orang yang seperti ini, justru membuat perdebatan yang tidak ada habis-habis.

Nah, kalau kamu bisa bersikap mengalah, akan lebih bisa menghindar dari perdebatan seperti itu. Sebab, pasti akan menghabiskan waktu yang lama untuk bisa memenangkan perbedatan dengan orang yang keras kepala. Karena dia enggan mendengarkan sudut pandang orang lain dan justru menghabiskan waktu dengan sia-sia.

3. Bentuk apresiasi terhadap pemikiran orang lain

Terkadang seseorang bisa bersikap kekeh terhadap pendapatnya sendiri, walaupun pemikiran orang lain justru yang benar sekalipun. Hal ini terjadi karena tidak ingin dirinya dianggap lemah.

Namun, ketika kamu bisa mengalah bahwa pendapat orang lain tepat, justru bisa lebih menghargai dan mengapresiasinya. Sehingga, kamu lebih bisa menerima segala perbedaan.

4. Cerminan sikap berlapang dada

Tidak selamanya mengalah itu artinya kelemahan, justru memiliki hati yang istimewa. Sebab, bisa mengontrol ego diri sendiri untuk menang dalam berbagai hal.

Bagaimanapun juga, kalah memang merupakan hal yang memang bisa terjadi dalam kehidupan ini. sehingga, kamu lebih cenderung memiliki kelapangan hati dengan kenyataan yang terjadi.

Berdasarkan ulasan di atas, memiliki sikap ini tidak selamanya buruk, justru membuat diri kita memiliki pemikiran bahwa tidak semua hal bisa dimiliki.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak