alexametrics

4 Alasan Jangan Pamer Kesedihan di Media Sosial

Reza Hour
4 Alasan Jangan Pamer Kesedihan di Media Sosial
Ilustrasi bermain ponsel. (pexels.com/MART PRODUCTION)

Media sosial sangatlah membantu untuk bisa berhubungan dengan banyak orang. Namun, dekat secara maya belum tentu dekat di kehidupan nyata. Maka dari itu, hal ini bisa berdampak pada kehidupan sosial dan kesehatan mental seseorang.

Salah satu hal yang kerap kali dibagikan adalah kesedihan tentang kehidupan privasi. Meski telah sadar akan dampak yang terjadi, hal ini akan mengundang perhatian orang lain. Maka dari itu, simak 4 alasan jangan pamer kesedihan di media sosial.

1. Justru menambah permasalahan baru

Sesedih apapun kondisi dirimu, tetap perlu ada batasannya. Sebab, tidak semua orang bisa memahami seberapa berat kamu melewati fase kesedihanmu itu. Hal inilah yang menjadi bahan gunjingan oleh orang lain terhadap permasalahanmu itu.

Bagaimanapun juga, setiap orang memiliki persepsinya masing-masing. Sehingga, bisa saja terjadi kesalahpahaman terhadap makna yang kamu sampaikan, justru membuat perdebatan dan menimbulkan masalah baru lagi dalam kehidupanmu.

2. Membuat kecewa orang terdekatmu

Ada kalanya kita memang memilih untuk curhat dengan orang terdekat untuk menanyakan saran yang terbaik jika ada permasalahan yang sedang dihadapi. Bagaimanapun juga, merekalah yang bisa kamu jadikan tempatmu bersandar.

Namun kalau kamu justru mengumbar kesedihanmu di media sosial terlebih dahulu, justru orang terdekatmu akan merasa kecewa lantaran tidak kamu anggap dalam kehidupanmu. Hal inilah yang menandakan bahwa kamu lebih percaya terhadap media sosial dibandingkan mereka.

3. Berdampak pada kesehatan mentalmu

Sudah seharusnya dirimu sudah bisa mengontrol emosi yang ada di dalam diri. Hal ini bertujuan untuk bisa menyortir beragam permasalahan yang harus kamu pikirkan ataupun tidak.

Namun kalau terus-menerus merenungi kesedihanmu, tidak heran kalau mentalmu jadi terganggu. Inilah yang menyebabkanmu mengumbar kehidupan privasi di media sosial. Maka dari itu, harus bisa melihat sisi positif dari permasalahan yang telah kamu alami.

4. Berdampak terhadap kariermu

Saat ini, media sosial bisa dijadikan penilaian untuk menilai kepribadian seseorang, lho. Sebab, orang lain dengan mudah untuk dapat seperti apa kamu dalam menggunakannya.

Kalau kamu kerap kali menceritakan kesedihanmu terus-menerus, justru akan berdampak pada kariermu. Seseorang yang sedang berada dalam kesedihan pasti akan sulit diberikan tanggung jawab pekerjaan. Sebab, ini bisa mengganggu profesionalitas dalam bekerja.

Berdasarkan ulasan di atas, setiap kesedihan memang perlu ada batasan dan juga membatasi diri mengumbar kehidupan privasimu. Maka dari itu, dirimu juga harus bisa berpikir positif untuk mengontrol emosimu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak