facebook

Rekomendasi 5 Bahasa Asing untuk Dipelajari, Demi Masa Depan Karier Cemerlang

Armand IS
Rekomendasi 5 Bahasa Asing untuk Dipelajari, Demi Masa Depan Karier Cemerlang
Ilustrasi kamus belajar bahasa asing (Unsplash/Waldemar Brandt).

Globalisasi mendorong kita untuk mengembangkan kemampuan komunikasi. terutama dalam penggunaan bahasa asing. Kini, pekerjaan tidak hanya terbatas dalam lingkup geografis saja, melainkan sudah terhubung antar negara melalui teknologi yang tersedia. Maka, mempelajari bahasa asing guna sebagai komunikasi antar individu dalam dunia kerja adalah sebuah tuntutan.

Bahasa asing yang sering digunakan oleh dunia internasional dalam kerjasama antar negara adalah bahasa Inggris. Namun, ada beberapa faktor yang membuat bahasa Inggris tidak lagi menjadi satu-satunya bahasa asing yang menguasai dunia kerjasama internasional.

Ada beberapa negara yang masih menggunakan bahasa aslinya meskipun dalam kerjasama antar negara, seperti Tiongkok dan Jepang. Selain itu, beberapa negara telah menguasai pasar dunia, sehingga bahasa mereka juga ikut menguasai kancah komunikasi internasional. Berikut adalah deretan rekomendasi bahasa asing selain bahasa Inggris untuk dipelajari.

1. Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang digunakan sebagai bahasa utama oleh Tiongkok, Taiwan, dan Singapura. Tiga negara tersebut merupakan beberapa contoh negara yang menguasai perdagangan internasional. Sehingga, menjadikan bahasa Mandarin sebagai bahasa dengan penutur terbanyak di dunia.

Berkat pengaruh budaya dan kebijakan negara, bahasa Tiongkok diutamakan oleh para penuturnya untuk kebutuhan komunikasi, bahkan dengan negara lainnya. Sehingga, menuntut negara-negara yang ingin bekerjasama dengannya mempelajari bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin terbilang menantang untuk dipelajari, tetapi beberapa kursus menawarkan pembelajaran yang terstruktur dan simpel.

2. Bahasa Jepang

Seperti bahasa Mandarin, berkat budaya dan kebijakan serta kekuatannya dalam perdagangan internasional membuat bahasa Jepang wajib dipelajari. Indonesia termasuk salah satu negara yang sering bekerjasama dengan Jepang dalam ekonomi. Selain itu, bahasa Jepang relatif lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa Mandarin. Sehingga, menjadikan bahasa Jepang sangat direkomendasikan untuk para pencari kerja.

3. Bahasa Spanyol

Spanyol merupakan negara dengan banyak bekas jajahan dan koloni di penjuru bumi. Selain Spanyol, negara-negara bekas koloni di Amerika Latin menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa utama. Indonesia juga mulai mencanangkan program kerjasama dengan negara-negara berkembang di Amerika Selatan, maka ada baiknya kita mempelajari bahasa yang satu ini!

4. Bahasa Perancis

Karena faktor budaya dan historis, masyarakat Perancis lebih mengutamakan penggunaan bahasanya sendiri ketimbang bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Perancis tidak hilang dari dunia internasional. Pasalnya, bahasa ini juga digunakan oleh berbagai negara yang sebelumnya adalah bekas koloni dan jajahan Perancis. Sehingga, penutur bahasa Perancis berani untuk menggunakan bahasanya sendiri di dunia internasional. 

Indonesia menjalin banyak program kerjasama ekonomi dan pendidikan dengan Perancis. Banyak beasiswa luar negeri yang tujuannya adalah Perancis. Sehingga bahasa ini perlu kita kuasai jika ingin suatu saat belajar ke Perancis untuk mempersiapkan karier kita.

5. Bahasa Arab

Berkat kerjasama Indonesia dengan negara-negara Arab, menjadikan bahasa ini sangat direkomendasikan untuk masa depan karier. Tidak hanya Arab Saudi, bahasa ini digunakan oleh negara lainnya seperti Uni Emirat Arab. Selain dalam kerjasama ekonomi, Indonesia juga membuka banyak program beasiswa ke negara-negara berbahasa Arab seperti Mesir.

Nah, itulah rekomendasi beberapa bahasa asing yang berguna dalam dunia kerja. Beberapa bahasa di atas dapat kamu pelajari di berbagai kursus berbayar maupun gratis. Tunggu apa lagi, ayo belajar!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak