facebook

5 Genre Musik Ini Dianggap Paling Populer di Indonesia

Xandra Junia Indriasti
5 Genre Musik Ini Dianggap Paling Populer di Indonesia
Ilustrasi Genre Musik Populer di Indonesia. (pixabay)

Musik merupakan satu elemen yang disukai banyak orang, karena dianggap dapat menghibur suasana hati yang tengah kurang membaik. Manfaat lainnya juga bisa meningkatkan semangat dalam menjalani aktivitas maupun kehidupan.

Nah, dari berbagai genre musik yang ada, 5 diantaranya ini disebut paling populer di Indonesia. Apa saja, sih? Berikut daftarnya.

1. K-Pop

Saat ini, K-Pop merupakan genre sedang merajai musik dunia termasuk di Indonesia. Pencintanya kian meningkat tiap tahun dan segala yang berhubungan dengan genre ini selalu trending. Tidak heran banyak perusahaan serta musisi dari berbagai dunia yang ingin berkolaborasi dengan para idol Korea Selatan tersebut.

Musik pop secara keseluruhan paling disukai banyak orang karena nadanya mudah diserap atau dikenal dengan istilah easy listening. Hampir setiap orang memiliki selera pada genre ini. Selain itu, musik pop juga bersifat fleksibel, tidak rumit, dan temponya bervariasi.

Untuk K-Pop sendiri, musiknya mengandung irama yang memungkinkan pendengar untuk menari dan disebut mampu memicu peningkatan hormon endorfin (bahagia). Idol K-Pop terpopuler di Indonesia adalah BTS, BLACKPINK, EXO, NCT, SEVENTEEN, SECRET NUMBER, Red Velvet, aespa, Twice, Stray Kids, Itzy, dan Treasure.

2. Pop Barat

Tak hanya K-Pop, genre musik ini yang ditulis dengan lirik bahasa Inggris pun terus populer di Indonesia. Kebanyakan berasal dari Amerika Serikat yang dikenal sebagai gudang penghasil artis berstandar internasional. Namun, tidak sedikit penyanyi negara lain yang juga berhasil memikat hati para pendengar.

Beberapa musisi pop barat terpopuler dan punya banyak penggemar di Indonesia bahkan dunia, antara lain, One Direction, Justin Bieber, Taylor Swift, Ariana Grande, Shawn Mendes, Billie Eilish, dan masih banyak lagi. Semua penyanyi ini juga memiliki puluhan juta pengikut di instagram, lho.

3. Pop Indonesia

Pop Indonesia juga tidak mungkin dilupakan oleh masyarakat, karena termasuk ke dalam aset seni yang perlu dijaga kelestariannya. Genre ini sudah disukai sejak abad ke-19. Ratusan musisi telah mengisi dunia musik lokal dengan karya-karya membekas di hati. Untuk liriknya, kebanyakan mengandung cerita cinta sedih, sehingga cocok didengarkan saat sedang galau.

Musik pop Indonesia dibawakan oleh solois, duo, hingga grup vokal atau band. Awal tahun 2000-an dianggap menjadi masa kejayaan kebanyakan dari mereka. Lagu-lagunya masih sering diputar hingga kini untuk bernostalgia, seperti d'Masiv, Tangga, Ada Band, Vierra, Ungu, Audy Item, Marcel Siahaan, Once, Ello, Pinkan Mambo, Ratu, dan lain-lain. 

Seiring berjalannya waktu, musisi pop Indonesia terus mengalami peningkatan jumlah dan tentu semuanya juga berbakat. Beberapa diantaranya yang sedang populer saat ini adalah Tiara Andini, Marion Jola, Rizky Febian, Lyodra, dan Tulus. 

4. Indie

Genre musik ini sering dikaitkan dengan senja dan kopi. Mungkin karena nadanya yang cenderung lembut serta lirik yang kebanyakan mengandung kalimat puitis dan makna penting bagi kehidupan. Indie atau independen merupakan karya yang dirilis atau diproduksi sendiri oleh para musisi. Populasi penggemarnya di Indonesia kian meningkat tiap periode. Apa mungkin kamu salah satunya?

Musik indie bisa kamu temukan di berbagai negara. Tak terkecuali Indonesia yang memiliki musisi dengan genre ini. Diantaranya yang populer adalah Payung Teduh, Mocca, dan Pamungkas. Konser solo mereka seringkali dipenuhi banyak penonton yang senang dengan lirik-lirik puitis. Jenis ini juga biasa dilengkapi dengan yang lainnya, seperti indie pop dan indie rock.

5. Dangdut

Dangdut merupakan genre musik khas lokal yang sudah eksis sejak dulu. Alunan nadanya cenderung memicu gerakan bagi siapapun yang mendengarkannya untuk menari atau bergoyang. Tidak heran jika berbagai perayaan, seperti pesta pernikahan memakai genre ini, karena dapat memeriahkan acara. Jadi, sepanjang waktunya tidak akan terasa monoton.

Namun, keberadaan musik dangdut nyatanya belum bisa diterima banyak orang. Mereka berpendapat bahwa genre ini 'kampungan', karena tidak jarang menggunakan irama yang keras, sehingga mengganggu indera pendengaran. Padahal, dangdut identik dengan bumi pertiwi dan diharapkan bisa bertahan sampai tahun-tahun selanjutnya. 

Beberapa musisi dangdut Indonesia yang tengah populer dan berada di puncak karier adalah Ayu Ting-Ting, King Nassar, serta Lesti Kejora. Meskipun kurang suka dengan genre musik ini, tapi kamu pasti tahu ketiganya, bukan?

Nah, dari kelima genre musik diatas, mana yang paling sering kamu dengar dan sukai?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak