alexametrics

Apa Itu AU, Istilah Populer di Twitter yang Sering Menyeret Nama Idol K-Pop

Xandra Junia Indriasti
Apa Itu AU, Istilah Populer di Twitter yang Sering Menyeret Nama Idol K-Pop
Doyoung dan Jaehyun 'NCT' (twitter/NCTsmtown_127)

Twitter merupakan salah satu media sosial terpopuler saat ini, di samping Instagram, Tiktok, serta Facebook. Situs tersebut lebih berfokus pada teks dan keberadaannya sempat surut beberapa tahun lalu. 

Tak hanya dikenal cepat dalam menyebarkan informasi, Twitter juga memiliki berbagai istilah yang hanya diketahui para penggunanya saja. Misal, AU atau Alternate Universe, yang seringkali kamu temukan disana. 

AU merupakan jenis cerita fiksi penggemar, situasinya dibuat berbeda dengan kehidupan nyata si tokoh. Misal, mereka digambarkan sebagai warga negara lain atau memiliki profesi yang tidak sama dengan aslinya. Kebanyakan, yang melahirkan karya ini adalah fans K-Pop.

Apa itu AU dan siapa tokohnya

Tokoh cerita AU seringkali diambil dari idol-idol K-Pop. Di Indonesia sendiri, yang paling banyak dipilih adalah anggota grup NCT, seperti Jaehyun, Doyoung, dan Haechan. Mereka akan diberi nama lokal dan  dikisahkan menjalani kehidupan di sini.

Kemudian, tokoh pendukung biasanya diambil dari anggota grup terkait. Namun, beberapa cerita terkadang memilih idol lain. Tidak jarang juga yang membuat karakter fiktif atau orang tersebut tak ada di dunia nyata. Biasanya, untuk mengisi peran utama lawan jenis.

Misal, tokoh utama sebuah AU romantis adalah Jaehyun 'NCT'. Author cerita ini memilih karakter buatan sebagai tokoh utama wanita-nya. Mungkin alasan tidak mengambil idol girl grup adalah untuk menghindari perdebatan antar penggemar. 

Di samping itu, tokoh AU juga bisa menggunakan artis non K-Pop, seperti aktor Hollywood, musisi barat, atau karakter film dan anime. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan cerita-mu.

Genre dan Bentuk Cerita AU

Genre AU sama seperti cerita fiksi pada umumnya. Mulai dari romantis, komedi, bromance, horror, thriller, hingga angst. Jenis ini menyuguhkan kisah yang dapat membuat pembacanya sedih, hingga menyesakkan dada mereka. 

Meskipun begitu, genre angst menjadi yang paling populer dan diminati banyak orang. Kemudian, alur tempat cerita AU seringkali meliputi sekolah dan kampus. Misal, kisah seru antara junior dan senior. Namun, tidak sedikit juga yang memilih dunia kerja.

Cerita AU cenderung dibuat dengan bentuk tangkapan layar (screenshot) obrolan dalam aplikasi pesan instan. Kemudian, disisipi berbagai ss (begitu screenshot disingkat) postingan di media sosial. 

Tidak lupa memberikan deskripsi mengenai kejadian langsung serta pengenalan para tokoh dengan menggunakan notes, layaknya cerpen atau novel. Semuanya dibentuk seperti utas atau thread pada Twitter.

Itulah penjelasan singkat mengenai Alternate Universe atau AU, sebuah istilah yang tengah populer di Twitter. Apakah kamu tertarik untuk membaca atau bahkan membuatnya? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak