alexametrics

Siapkan Dirimu, 7 Profesi Ini Tidak Dapat Digantikan oleh Robot

Diat Anugrah
Siapkan Dirimu, 7 Profesi Ini Tidak Dapat Digantikan oleh Robot
Ilustrasi pengusaha (pixabay.com)

Teknologi terus berkembang seiring dengan zaman yang semakin modern. Berbagai penemuan dan inovasi baru tercipta oleh para ilmuwan dan peneliti dari berbagai penjuru dunia. Semua perkembangan dan invasi tersebut diciptakan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mempermudah pekerjaan dan tugas manusia.

Sebagai contoh, kendaraan bermotor diciptakan untuk mempermudah manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan lebih cepat dan mudah serta menghemat tenaga. Contoh lain adalah telepon diciptakan untuk mempermudah manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak yang jauh.

Namun, kemajuan teknologi juga dapat memberi dampak yang tidak baik bagi manusia, salah satunya adalah hilangnya berbagai macam pekerjaan. Pekerjaan-pekerjaan yang pada mulanya dikerjakan dengan tenaga manusia, kini dikerjakan oleh teknologi dengan robot maupun mesin-mesin otomatis.

Namun jangan khawatir, robot dan teknologi tidak dapat mengambil semua jenis pekerjaan. Ada beberapa pekerjaan yang harus dikerjakan oleh manusia dan tidak dapat digantikan oleh robot maupun teknologi. 

Berikut ini adalah 6 pekerjaan yang tidak dapat digantikan oleh robot.

1. Petani dan Peternak

Meskipun saat ini teknologi pertanian dan peternakan sudah semakin maju, banyak alat-alat modern yang mempermudah manusia untuk bertani dan beternak. Namun, keberadaan manusia sebagai petani atau peternak tidak bisa dihilangkan dan diganti dengan robot.

Bagaimanapun juga, bertani dan beternak berurusan dengan makhluk hidup berupa tanaman atau hewan ternak, maka untuk melakukan kegiatan tersebut harus ada manusia yang mengelola dengan baik. Sebab, robot dan teknologi tidak dapat menggantikan kemampuan manusia dalam memahami tanaman dan hewan ternak.

Meski begitu, teknologi pertanian dan peternakan harus tetap dikembangkan agar dapat menunjang produktivitas para petani dan peternak.

2. Seniman dan Perajin

Karya seni adalah hal yang tidak dipahami sebagai sebuah objek yang tetap. Dalam seni, ada keindahan-keindahan yang tercipta karena kreativitas, imajinasi, dan perasaan yang sangat khas dan manusiawi. Hal-hal tersebut tidak dapat digantikan oleh mesin otomatis.

3. Dokter dan Perawat

Tenaga kesehatan adalah profesi yang membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Hal tersebut tidak dapat digantikan oleh mesin otomatis. Sebab jika salah sedikit saja, nyawa manusia bisa menjadi taruhannya.

4. Pengendali Mutu

Meskipun berbagai hal dan produk sudah banyak yang diproduksi oleh mesin otomatis. Namun, bagian pengendali mutu atau quality control (QC) harus dikerjakan oleh manusia karena hal tersebut memerlukan ketelitian yang tinggi. Selain itu, hanya manusia yang dapat mengerti seperti apa produk yang dibutuhkan oleh manusia.

5. Desainer dan Arsitek

Seperti seniman dan perajin, desainer dan arsitek juga membutuhkan kreativitas, imajinasi, dan perasaan seprang manusia yang tidak dapat digantikan oleh mesin. Jika saja dipaksakan untuk menggunakan mesin, maka hasil yang diciptakan akan monoton dan membosankan.

6. Tenaga Pengajar

Guru, dosen, dan tenaga pengajar lainnya diyakini sebagai profesi yang hanya dapat dilakukan oleh manusia. Meskipun kini teknologi sudah mempermudah kita untuk mendapat informasi dan pengetahuan, keberadaan manusia sebagai tenaga pengajar masih diperlukan untuk mendidik siswa.

7. Juru Masak

Kini memang sudah ada beberapa penemuan robot yang dapat membuat makanan. Namun, tetap saja rasanya berbeda dengan masakan manusia. Oleh karena itu, juru masak memang tugas yang harus dikerjakan oleh manusia saja.

Demikianlah 7 pekerjaan yang tidak akan tergantikan oleh teknologi baik robot maupun mesin otomatis. Kamu mau jadi yang mana?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak