alexametrics

Agar Tampil Cantik, Jaga Kesehatan Rambut Pakai 5 Minyak Esensial Ini!

Xandra Junia Indriasti
Agar Tampil Cantik, Jaga Kesehatan Rambut Pakai 5 Minyak Esensial Ini!
Ilustrasi Minyak Alpukat (pixabay)

Rambut disebut sebagai mahkota, karena mampu menunjang penampilan seseorang. Oleh karena itu, perlu adanya rutinitas dalam merawatnya agar tidak mudah rusak. Di mana nanti dapat memicu rasa kurang percaya diri, seperti saat timbul kerontokan atau ketombe.

Salah satu cara menjaga kesehatan rambut adalah dengan menggunakan minyak esensial. Nah, di bawah ini ada 5 di antaranya yang paling direkomendasikan, menurut alodokter, sehatq, dan hellosehat.

1. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa (pixabay)
Minyak Kelapa (pixabay)

Minyak kelapa sudah dianggap legendaris untuk digunakan sebagai perawatan rambut. Pasalnya, terdapat banyak nutrisi yang dapat menjaga tiap helainya dengan baik, sehingga mampu terhindar dari berbagai masalah rambut.

Pertama, ada kandungan asam laurat yang akan melembapkan rambut serta menjaganya dari kerusakan. Kemudian, mampu mempercepat ukurannya sehingga lebih panjang, karena membantu proses pertumbuhan rambut baru.

Selanjutnya, minyak kelapa dapat mencegah kerontokan serta menangani ketombe berkat antimikroba dan antijamur yang terkandung di dalamnya.

Terakhir, jika esensial ini dicampur dengan minyak zaitun, akan memperoleh manfaat sebagai pengusir kutu.

2. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun (pixabay)
Minyak Zaitun (pixabay)

Zaitun dengan bijinya dikenal baik untuk dijadikan berbagai produk perawatan, termasuk kulit dan rambut. Esensial-nya mengandung vitamin A serta antioksidan yang berperan menjaga keratin dan melindungi kelembapannya, sehingga lebih berkilau.

Selain itu, minyak zaitun juga baik dalam mengusir ketombe hingga ke akar, serta mempertahankan rambut agar tidak kering. Cocok bagi kamu yang tengah menggunakan cat rambut yang rentan memicu kerusakan, jika tak dirawat dengan benar.

3. Minyak Rosemary

Ilustrasi Minyak Rosemary (pixabay)
Ilustrasi Minyak Rosemary (pixabay)

Rosemary berbentuk mirip rerumputan dan termasuk salah satu tanaman yang sering diolah menjadi taburan makanan juga produk perawatan. Salah satunya sebagai minyak esensial untuk menjaga kesehatan serta kecantikan rambut.

Minyak rosemary memiliki kandungan carnosic acid yang dapat menyempurnakan jaringan kulit kepala akibat iritasi. Esensial ini juga mampu memperkuat rambut, dengan menjadikannya terlihat lebih lebat, kuat, dan berkilau.

4. Minyak Almond

Minyak Almond (pixabay)
Minyak Almond (pixabay)

Almond identik sebagai bahan pelengkap cokelat dan dikonsumsi untuk camilan diet. Kacang ini nyatanya bisa juga dijadikan minyak esensial yang bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Minyak almond dipercaya mampu memperbaiki kerusakan, termasuk rambut yang bercabang. Ada juga sifat emolien yang membuat rambutmu terasa lebih lembut dan mudah diatur. 

Tak hanya itu, kandungan vitamin E serta antioksidannya, dapat menjauhi rambut dari stres akibat lingkungan sekitar. Lalu, berkat antijamur dan bakteri yang terdapat di dalamnya, minyak almond mampu mengurangi psoriasis (pengelupasan kulit kepala).

5. Minyak Alpukat

Ilustrasi Minyak Alpukat (pixabay)
Ilustrasi Minyak Alpukat (pixabay)

Alpukat merupakan salah satu buah yang populer untuk dijadikan jus atau asupan diet. Tak hanya itu, di dalamnya terdapat minyak alami dan lemak sehat yang mampu memelihara kelembapan rambut. 

Kemudian, ada berbagai kandungan seperti biotin, zinc, protein, vitamin C dan E, serta antioksidan. Gunanya untuk mengurangi kerontokan rambut, lalu kembali merangsang pertumbuhannya.

Kandungan diatas juga mampu memperbaiki kerusakan rambut dan dapat memberi volume rambut, sehingga lebih tebal. Lalu, minyak alpukat ini akan melawan ketombe yang menyebabkan gatal.

Itulah kelima minyak esensial yang memiliki manfaat baik bagi rambut. Semuanya bisa dipakai setelah mandi dengan didiamkan selama 15-30 menit agar meresap. 

Lalu, dari yang disebutkan diatas, adakah salah satunya yang menjadi favoritmu untuk menjaga kesehatan rambut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak