alexametrics

Tak Sekadar Menyanyi dan Menari, Ini 5 Profesi yang Juga Digeluti Idol K-Pop

Xandra Junia Indriasti
Tak Sekadar Menyanyi dan Menari, Ini 5 Profesi yang Juga Digeluti Idol K-Pop
Grup Multitalenta Blackpink (Soompi)

Idol K-Pop merupakan salah satu profesi yang sering diimpikan oleh banyak orang, khususnya orang-orang Korea itu sendiri. Pasalnya, pasar musik dunia yang tertinggi saat ini berada pada genre tersebut. Namun, tak sekadar bernyanyi dan menari, mereka juga dituntut untuk memiliki kemampuan lain.

Oleh karena itu, mereka juga menggeluti profesi lain yang masih ada kaitannya dengan bidang hiburan. Nah, berikut ini 5 profesi yang banyak dipilih dan dilakoni oleh para idol K-Pop.

1. Aktris atau Aktor

Sudah bukan menjadi hal baru jika idol K-pop membintangi film atau drama. Di masa pelatihan atau pra debut, mereka juga diajarkan cara akting yang baik. Tidak heran jika banyak yang sukses sebagai aktor atau aktris. Sebagian dari mereka bahkan lebih sering dipenuhi job ini.

Populasi idol K-Pop yang juga mengambil profesi ini terus meningkat hingga sulit dihitung jari. Beberapa di antaranya yang populer adalah IU, D.O EXO, Suzy, Yoona SNSD, Eunji Apink, Hani EXID, Jinyoung GOT7, Rowoon SF9' Eunwoo Astro, dan seluruh anggota Girls Day.

2. Pembawa Acara

Tidak sedikit idol K-Pop yang juga berprofesi sebagai MC, tepatnya pada program musik mingguan. Kepribadian asik serta kemampuan berbicara yang baik membuat mereka terpilih untuk memimpin acara tersebut.

Selain itu, banyak dari mereka yang juga membawakan momen penghargaan atau sebuah wawancara. 

3. Model

Visual dan porsi tubuh yang ideal bagi standar konstruksi sosial dunia hiburan di Korea membuat idol K-Pop seringkali dipilih untuk menjadi model, baik oleh pemotretan majalah atau brand-brand tertentu.

Mereka mampu menunjukkan penampilan yang apik dengan outfit serta riasan unik, hingga penggemar semakin terkesima.

Hampir semua idol K-Pop pernah menggeluti profesi ini, dan beberapa di antaranya ada yang tetap konsisten hingga saat ini.

Mereka adalah seluruh anggota Blackpink, Arin 'Oh My Girl,' dan Joy 'Red Velvet.' Semuanya rutin membagikan hasil pemotretan melalui akun media sosial pribadi, seperti instagram.

4. Pembuat Lagu

Tak hanya sekadar membawakannya sebagai penyanyi, banyak idol K-Pop yang juga memiliki peran penting dalam proses pembuatan lagu. Mulai dari penulis lirik, komposer, hingga produser. Yup, tidak sedikit dari mereka yang punya kemampuan ini.

Selain membuat lagu untuk pribadi atau grupnya sendiri, mereka juga memproduksi karya bagi idol K-Pop lain. Beberapa di antaranya yang populer adalah Zico, Jessie, Hui 'Pentagon,' Soyeon 'G-IDLE,' dan masih banyak lagi. Mereka sudah menciptakan beragam musik indah yang tentunya pernah kamu dengar sebagai k-popers.

5. Mentor Trainee

Terakhir, banyak idol K-Pop yang menjadi mentor trainee atau membantu mereka di masa pelatihan sebelum debut. Kebanyakan dilakukan pada satu agensi yang sama.

Misalnya saja seperti Taeyeon 'SNSD,' Bada eks S.E.S, dan Wendy 'Red Velvet,' yang dikabarkan ikut serta mengajarkan teknik vokal kepada juniornya, para anggota aespa.

Beberapa idol K-Pop lain pun memberikan materi pelatihan kepada trainee, tapi melalui sebuah acara bakat. Di antaranya adalah Tiffany Young serta Sunmi yang baru-baru ini menjadi mentor Girls Planet 999.

Sebelumnya, Lisa 'Blackpink' juga mengisi posisi tersebut pada berbagai program survival China, seperti Youth With You.

Itulah kelima profesi yang juga digeluti oleh para idol K-Pop. Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka adalah bintang yang serba bisa. Lalu, pekerjaan mana yang diambil oleh idola favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak