alexametrics

Kian Diminati, Ini 5 Manfaat Charcoal bagi Kulit Wajah

Xandra Junia Indriasti
Kian Diminati, Ini 5 Manfaat Charcoal bagi Kulit Wajah
Ilustrasi Menggunakan Masker Charcoal (freepik)

Semakin lama, produk perawatan wajah berbahan dasar charcoal kian digandrungi banyak orang di beberapa kalangan. Arang aktif ini memang mengandung sejumlah partikel yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit.

Kira-kira, apa saja sih manfaat charcoal bagi kulit wajah? Nah, berikut ini 5 di antaranya yang perlu kamu ketahui, seperti dirangkum dari sehatq, klikdokter, dan lifebouy.

1. Mengatasi Jerawat

Banyak produk berbahan charcoal yang mengklaim mampu mengatasi jerawat. Tidak heran jika keberadaannya selalu dicari dan laku di pasaran. Namun, bagaimana kebenaran pernyataan tersebut?

Charcoal diketahui mengandung antibakteri, yang salah satunya dipercaya dapat mengurangi terjadinya jerawat pada wajah. Cara bekerjanya yakni dengan melawan bakteri penyebab masalah kulit tersebut.

Efek lain dari kandungan ini adalah mampu mencegah timbulnya jerawat yang meradang. Ditandai dengan kemerahan pada kulit, bengkak, serta iritasi. Tak hanya itu, charcoal juga dianggap ampuh untuk pengobatan dan perawatan wajah berjerawat.

2. Mengecilkan Pori-Pori

Minyak dan kotoran berlebih seperti polusi  merupakan faktor penyebab pori-pori membesar. Hal ini dikarenakan keduanya mampu menyumbat area tersebut. Jarang membersihkan wajah juga berpengaruh dalam menimbulkan masalah ini.

Charcoal mengandung zat arang aktif yang dapat mencegah kotoran yang kemudian mengeluarkannya dari pori-pori kulit. Kamu bisa rutin menggunakan masker berbahan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk menutupi pori-pori yang besar.

3. Mengontrol Minyak Berlebih

Minyak memang diperlukan bagi wajah agar tidak kering yang mana dapat memicu luka. Namun, minyak berlebih juga kurang baik karena mampu menimbulkan berbagai masalah kulit. Misal, komedo dan jerawat.

Charcoal ini disebut ampuh mengontrol minyak pada wajah sehingga kadarnya lebih seimbang. Perlu diperhatikan, kamu dengan tipe kulit kering tidak dianjurkan menggunakan produk berbahan ini.

4. Mengurangi Iritasi

Iritasi disebabkan oleh berbagai hal, termasuk gigitan serangga. Jika dibiarkan akan menimbulkan kemerahan dan gatal pada kulit. Kondisi ini tentu membuatmu menjadi merasa kurang nyaman.

Nah, charcoal disebut mampu mengatasi masalah tersebut karena mengandung antiinflamasi. Senyawa ini akan menyerap racun penyebab iritasi, sehingga gejala gatal dan bengkak pada kulit bisa berkurang.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati dan Kotoran

Bubuk charcoal memiliki tekstur yang kasar layaknya produk scrub, sehingga mampu dalam mengangkat sel kulit mati. Khususnya yang mengendap di beberapa bagian. Dengan begitu, wajahmu akan terasa lebih halus.

Sebagai informasi tambahan, sel kulit mati biasanya terjadi ketika kondisi iklim yang kering dan bersuhu rendah. Hal tersebut dapat menyebabkan kelembapan kulitmu berkurang dan beregenerasi hingga mengalami penumpukan.

Balik lagi ke charcoal, fungsinya juga dapat mendetoksifikasi kulit dengan sempurna. Maknanya, kotoran, sebum, serta polusi lain yang menempel pada wajah bisa dibersihkan olehnya.

Jadi, kamu bisa lebih percaya diri karena penampilan yang terlihat resik dan apik.

Itulah kelima manfaat charcoal bagi kulit wajah. Apakah kamu tertarik atau bahkan rutin menggunakannya sebagai perawatan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak