alexametrics

5 Ciri Seseorang dengan Trust Issue Memandang Hubungan Percintaan, Apakah Lebih Rumit?

Xandra Junia Indriasti
5 Ciri Seseorang dengan Trust Issue Memandang Hubungan Percintaan, Apakah Lebih Rumit?
Ilustrasi Trust Issue Hubungan Percintaan (pixabay)

Trust issue adalah keadaan di mana seseorang merasa hilang kepercayaan terhadap orang lain. Tidak jarang, situasi ini disebabkan oleh hal-hal yang pernah menyakitinya di masa lalu.

Trust issue juga nyatanya bisa terkait pada hubungan percintaan. Penyebabnya tentu karena sering diberikan janji manis yang sebetulnya hanya kebohongan belaka. 

Nah, berikut ini ada 5 ciri seseorang dengan trust issue ketika memandang hubungan percintaan. Mungkin kamu pernah atau tengah mengalami salah satunya.

1. Sulit Menaruh Kepercayaan

Sesuai namanya, seseorang yang mengalami trust issue akan sulit menaruh kepercayaan pada siapapun. Biasanya disebabkan oleh berbagai pengalaman pahit, seperti terlalu sering dibohongi, dikhianati, hingga diselingkuhi.

Untuk itu, mempercayai orang lain sudah tidak lagi mudah. Terlebih kepada mereka yang hampir menyerupai seseorang yang telah menyakiti perasaannya.

Segala yang dibicarakan akan sulit diterima. Kebaikan yang menghampiri seringkali membuatnya terkejut.

2. Tidak Mudah Membuka Perasaan

Dikarenakan sulit menaruh kepercayaan, seseorang yang mengalami trust issue merasa tidak mudah untuk membuka perasaannya pada orang baru. Namun, bukan berarti mereka berkeinginan kembali dengan sang mantan.

Tidak sedikit dari mereka yang menolak untuk kembali menjalin hubungan asmara dengan siapapun. Pasalnya, ada rasa takut akan segala kenangan buruk yang mungkin terulang lagi. Oleh karena itu, mereka memutuskan dan merasa nyaman untuk menjadi single.

3. Enggan Berkenalan dengan Orang Baru

Ketika sudah terlalu sering disakiti, tak hanya sulit membuka hati, tapi juga enggan berkenalan dengan orang baru. Paling tidak memerlukan waktu yang lama untuk pulih dari trust issue.

Memperluas relasi baginya sudah tak semenarik dulu. Banyak dari mereka yang bahkan takut untuk hanya sekadar bertemu orang lain. Pada akhirnya, siapa saja yang mengalami trust issue lebih memilih untuk melakukan segala sesuatunya sendiri.

4. Kecemasan Berlebih

Trust issue juga mengantarkan seseorang kepada kecemasan berlebih dalam menjalani hubungan asmara. Ia terus-terusan merasa khawatir jika kejadian buruk yang menyakitinya di masa lalu dapat terulang lagi.

Oleh karena itu, meskipun bisa kembali membangun kisah cinta, ia selalu dihantui rasa cemas. Akibatnya, kehidupan seolah menjadi tidak tenang atau nyaman.

Situasi ini memicu pikiran negatif terhadap pasangan yang mungkin menimbulkan keretakan.

5. Menyamaratakan Semua Orang

Siapapun yang terkena trust issue biasanya akan beranggapan bahwa semua orang sama. Terlebih kepada seseorang yang memiliki ciri serupa dengan ia yang pernah menyakiti perasaannya. 

Kemudian, ia seringkali mengingatkan banyak orang termasuk kerabat dekatnya untuk berhati-hati. Ia berpikir segala kesakitan yang membuatnya merasa takut akan datang menghampiri rekannya tersebut. 

Nah, itulah kelima ciri seseorang dengan trust issue saat memandang sebuah hubungan. Apakah kamu termasuk yang pernah atau sedang mengalaminya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak