alexametrics

Sebelum Mencari Alasannya, Kenali Dahulu 9 Tanda Pasangan Tidak Nyaman Bersamamu

Sumaiyah Putri
Sebelum Mencari Alasannya, Kenali Dahulu 9 Tanda Pasangan Tidak Nyaman Bersamamu
Ilustrasi pasangan sedang bertengkar (pexels) / Ketut Subiyanto

Apa pun alasannya, pasti ada di mana pasangan tidak nyaman dan mulai jenuh. Dulunya nyaman sebelum semua itu hilang perlahan-lahan. Saat ini kamu dan pasangan mulai memahami kekurangan satu sama lain dan berusaha menyesuaikan diri dengan kekurangan ini.

Jika dalam prosesnya, tampak secara teratur menjauh dari kamu, itu merupakan indikasi bahwa ia mengalami ketidaknyamanan dalam hubungan. Terlepas dari sikapnya menjauh dengan menunjukkannya secara lisan atau melalui tindakannya, kamu harus berusaha untuk memiliki komunikasi yang positif  sebelum melewati point of no return.

Sebelum mencari jawaban, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengenali 9 tanda pasti pasangan tidak lagi nyaman bersama kamu seperti yang ada di bawah ini.

1. Pasangan Hanya Menjawab Kamu dengan Singkat

Saat pasangan tidak nyaman bersamamu, pasti mencari cara untuk berinteraksi denganmu seminimal mungkin, entah jarang memulai pembicaraan, atau hanya menjawab dengan singkat saja saat kamu mengajak berinteraksi. Jika tampak lebih senang berbicara dengan teman-temannya atau bahkan orang yang tidak kenal daripada denganmu, maka ada sesuatu yang salah denganmu atau hubunganmu.

2. Pasangan Sering Merasa Diserang Olehmu

Ketika kamu marah akan sesuatu kepada pasangan, kamu akan mengeluh tentang mentalitas mereka yang membuat merasa tidak nyaman. Akan Tetapi, tandanya kamu menyerang karakternya, bisa mengurangi risiko ini dengan cara menceritakan kepada orang-orang terdekat tanpa menyalahkan pasangan agar pasangan kembali nyaman.

3. Pasangan Selalu Bersikap Defensif

Sebab merasa diserang olehmu, secara alami dia akan menjadi berhati-hati di hadapanmu. Kamu harus menyadari bahwa berhati-hati tidak membantu dengan cara apa pun.

Cara menanganinya adalah dengan mencoba mendengarkan pasangan dan berempati dengannya daripada langsung menyalahkan. Pasangan yang sekarang tidak protektif adalah mencoba untuk mengakui sebagian dari kewajiban pertengkaran, sehingga pasangan lebih terbuka untuk berbicara.

4. Pasangan Sering Menghina Kamu Saat Bertengkar

Pasangan menghina kamu bisa terlihat saat ia memutar matanya atau berbicara dengan nada sinis. Dengan asumsi kaki tangan mulai meremehkan selama pertengkaran, itu merupakan indikasi bahwa menjauh dari sentimennya sendiri karena tidak senang berbicara dengan kamu. Dalam hubungan yang tidak sehat, biasanya pasangan menghina pasangannya sendiri untuk merasa lebih baik.

5. Pasangan Tiba-tiba Cuek dan Mendiamkan Kamu

Sikap seperti ini jika pasangan dengan sengaja mundur dari pembicaraan. Ini menyiratkan tidak benar-benar menganggap dan lesu untuk memperhatikan kamu berbicara. Daripada terus memaksanya untuk berbicara, tenangkan diri terlebih dahulu. Ambil waktu sejenak selama 20-30 menit sebelum kamu meneruskan bicara dengan pasangan.

6. Pasangan Membawa Teman-temannya Saat Quality Time

Pasangan pasti canggung dengan kamu jika sengaja membawa teman-temannya untuk pergi bersamanya selama quality time denganmu. Pasangan melakukannya agar tidak ada kecanggungan, sehingga tidak perlu berinteraksi denganmu sesering mungkin.

7. Tidak Pernah Mau Menerima Saran dari Kamu

Jika pasangan tidak senang dengan kamu, biasanya dia juga sukar menerima apa pun nasihatmu. Sementara, jika nasihat serupa diberikan oleh orang lain, dia dapat menerimanya. Jika pasangan sering melakukan ini, itu berarti ia tidak menganggap kamu sebagai pasangannya yang lebih baik. Mempertahankannya hanya merusak hatimu, mengingat masih banyak orang yang pantas untukmu.

8. Pasangan Selalu Mengajak Kamu untuk Berdebat

Ini adalah indikasi bahwa sebenarnya, pasangan kamu tidak senang menjalin hubungan dengan kamu. Sebab jika pasangan tidak senang denganmu, pasangan akan melakukan banyak cara untuk membuatmu meremehkannya. Misalnya, dengan menyambut kamu untuk terus bersaing. Untuk alasan apa kamu masih mempertahankan pasangan seperti ini? Karena itu hanya akan lebih merusakmu.

9. Pasangan Suka Mencari Alasan ketika Kamu Mengajak Ketemu

Mungkin kamu tidak dapat merasakan secara langsung, apakah pasangan benar-benar baik-baik saja dengan kamu atau tidak. Jika pasangan mendapat kesempatan untuk meminta maaf ketika diminta untuk bertemu, itu menyiratkan bahwa ada sesuatu yang membuatnya canggung ketika pasangan bersamamu. Jika pasangan mengalami hal seperti ini, segera bicarakan dengan pasangan agar masalahnya tidak semakin besar.

Semua hubungan pasti akan menemui fase ini. Kalau memang takut pasangan tidak nyaman saat bersama kamu, ajak diskusi secepatnya. Dengarkan apa yang dirasakan dan cari tahu apakah ada solusi yang bisa dilakukan dengan pasangan untuk memperbaiki keadaan hubungan kalian. Semoga membantu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak