alexametrics

4 Alasan Seseorang Menolak Tinggal Bersama Mertua Setelah Menikah, Kamu Juga?

Xandra Junia Indriasti
4 Alasan Seseorang Menolak Tinggal Bersama Mertua Setelah Menikah, Kamu Juga?
Ilustrasi menikah (unsplash.com/Jeremy Wong Weddings)

Sudah diketahui bahwa pernikahan tak hanya seputar pesta dan perayaan, melainkan kehidupan setelahnya. Perlu adanya penentuan tempat di mana kamu dan pasangan akan tinggal untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

Tidak sedikit dari mereka menolak menetap bersama orang tua atau mertua. Tentu memutuskan hal ini didasarkan oleh berbagai alasan. Nah, berikut 4 alasan orang menolak tinggal bersama mertua setelah menikah.

1. Ingin Mandiri

Alasan pertama seseorang menolak tinggal bersama mertua, yakni ingin hidup mandiri. Ia akan melakukan segalanya sendiri, seperti masak, berbagai aktivitas rumah tangga, dan urusan lainnya.

Jadi, saat menetap dengan mertua justru membuatnya merasa sulit untuk melakukan pengembangan diri. Bisa-bisa, akan terus dimanjakan hingga ia tidak memiliki keahlian mengurus rumah tangga.

2. Enggan Urusannya Turut Dicampuri

Sebuah rumah tangga biasanya dibumbui berbagai masalah. Mulai dari kondisi hubungan, finansial, dan lain-lain. Saat menetap bersama mertua, seringkali mereka turut mencampuri urusan tersebut.

Kebanyakan pasangan justru ingin segala permasalahan rumah tangga diurus secara personal. Tentu tanpa adanya campur tangan dari para orang tua.

Oleh karena itu, mereka lebih memilih menetap sendiri dengan membeli atau menyewa rumah untuk dijadikan tempat tinggal.

3. Terdoktrin Pengalaman Orang Lain

Tidak sedikit seseorang yang menolak tinggal dengan mertua karena terdoktrin pengalaman orang lain. Cerita mengenai orang tua pasangan yang buruk bisa dengan mudah ditemukan. 

Bisa melalui percakapan langsung dengan kerabat dekat atau warganet di berbagai situs media sosial. Kisah yang dibagikan itu tentu sangat berpengaruh besar bagi banyak orang yang baru saja menikah.

Terlebih, bagi mereka yang belum terlalu akrab dengan para mertua dan khawatir ada ketidakcocokan di sela-sela waktu berumah tangga.

Intinya, pengalaman orang lain itu mampu memicu pikiran negatif yang membuatnya kurang tenang.

4. Tidak Merasa Leluasa

Banyak rumah yang menerapkan aturan untuk dipatuhi seluruh penghuninya. Nah, kamu yang belum terbiasa mungkin merasa kurang cocok dengan semua poin yang dibuat. 

Dengan begitu, akan muncul ketidaknyamanan yang membuatmu enggan menetap disana. Apalagi, kamu tidak mempunyai hak untuk mengatur ulang peraturan yang telah ada karena tempat itu bukan milikmu.

Berbeda jika tinggal terpisah dengan mertua, yang nantinya aturan tersebut bisa kamu tentukan sendiri bersama pasangan. Jadi, kehidupan rumah tangga dapat lebih leluasa dan terasa nyaman.

Itulah keempat alasan beberapa pasangan yang menolak tinggal bersama mertua setelah menikah. Apakah kamu juga termasuk salah satunya yang enggan satu rumah dengan para orang tua?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak