alexametrics

4 Aktivitas Radio Ini Nyatanya Masih Eksis hingga Sekarang, Ada yang Rindu?

Xandra Junia Indriasti
4 Aktivitas Radio Ini Nyatanya Masih Eksis hingga Sekarang, Ada yang Rindu?
Ilustrasi aktivitas seorang penyiar di stasiun radio (pixabay)

Radio merupakan media informasi dan hiburan yang keberadaannya sempat populer di masa lalu. Meskipun masih eksis hingga kini, jumlah orang yang mendengarkannya bisa dibilang terus mengalami penurunan.

Berbagai stasiun radio seringkali mengadakan aktivitas yang khas dan pernah viral pada zamannya. Berikut 4 acara khas stasiun radio yang masih eksis hingga sekarang.

1. Request Lagu dan Informasi Tangga Musik

Aktivitas radio yang paling dikenal dan menjadi ciri khas adalah request lagu. Para pendengar diberi kesempatan untuk mengirim permintaan pemutaran lagu favorit. Biasanya aktivitas ini dilakukan melalui telepon atau sms. Namun, tidak semuanya bisa dibaca oleh penyiar, terlebih antusias orang untuk mengikuti segmen di masa itu sangat tinggi.

Selain request lagu, berbagai saluran radio juga memberikan informasi mengenai tangga musik. Isinya berupa peringkat lagu lokal maupun internasional yang dinilai dari banyaknya peminat. Biasanya dilakukan tiap minggu dengan akumulasi data selama sepekan.

2. Program Tanya Jawab

Popularitas radio diiringi dengan keberadaan beragam musisi lokal. Situasi ini terjadi sekitar awal tahun 2000-an. Kemudain, hampir semua saluran membentuk program tanya jawab dengan mengundang mereka sebagai bintang tamu.

Selain dari pihak penyiar radio, pertanyaan juga boleh diajukan oleh pendengar. Kesempatan ini diberikan dengan panggilan telepon, sama seperti saat kamu meminta pemutaran lagu favorit. Namun, perlu kesabaran ekstra mengingat peminat yang tentu dapat melonjak.

3. Sesi Curhat

Tak hanya seputar musik dan hiburan, berbagai saluran radio juga rutin mengadakan sesi curhat. Kebanyakan waktunya dilakukan pada malam minggu, di mana mayoritas pendengar memiliki waktu luang.

Kamu bisa menceritakan apapun, mulai dari kehidupan, hubungan percintaan, pertemanan, dan beragam keluh kesah lainnya. Tak perlu khawatir, karena radio atau penyiar akan menjaga kerahasiaan identitas seseorang yang mengikuti segmen tersebut.

Saat ini, sesi curhat sudah beralih pada Spotify dan Youtube dengan program bertajuk podcast. Istilah ini digunakan bagi orang yang ingin membagikan kisah atau pengalamannya dan seringkali dijadikan pelajaran bagi para pendengar.

4. Kirim Salam

Aktivitas terakhir yang seringkali dilakukan pada stasiun radio sejak dulu adalah kirim salam. Biasanya disampaikan usai pendengar meminta pemutaran lagu dan biasanya berisi tujuan request tersebut ditujukan untuk siapa. 

Para penyiar pasti akan mempersilahkan mereka untuk mengungkapkan pesan yang mungkin ditujukan kepada pasangan, mantan kekasih, teman, atau keluarga. Kebanyakan salam tersebut mengundang tawa bagi pendengar lain.

Itulah keempat aktivitas yang biasa dilakukan oleh tim radio di zaman dulu dan nyatanya masih ada hingga saat ini. Apakah kamu termasuk yang rutin mendengarkannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak