facebook

5 Manfaat Alpha Arbutin bagi Kesehatan Kulit Wajah, Terutama Tipe Kulit Sensitif

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Alpha Arbutin bagi Kesehatan Kulit Wajah, Terutama Tipe Kulit Sensitif
Ilustrasi Merawat Kulit Wajah (pixabay)

Alpha arbutin merupakan sebuah kandungan yang dapat dijadikan bahan produk perawatan. Sumber utamanya bisa diperoleh dari aneka beri, kulit pir, dan gandum. Keberadaannya kian populer saat ini, karena manfaat alpha arbutin sangat baik bagi kesehatan kulit, terutama untuk pemilik kulit sensitif.

Disadur dari hellosehat, orami, dan avoskin, berikut 5 manfaat alpha arbutin untuk kesehatan kulit wajah.

1. Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat populer dari alpha arbutin adalah mampu mencerahkan kulit wajah. Hal ini dikarenakan adanya penyalur yang dapat menghambat pertumbuhan tirosinase, sebuah enzim yang letaknya di melanosit.

Melanosit adalah kumpulan sel yang menghasilkan melanin, pigmen yang mengatur warna kulit seseorang. Semakin banyak jumlahnya, berarti kulitmu akan bertambah gelap. Produksi tirosinase dapat meningkat saat terkena sinar matahari.

Tak hanya gelap, jika kamu terlalu sering terkena paparan sinar UV, akan membuat kulit menjadi lebih kusam. Oleh karena itu, alpha arbutin dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut, bahkan tanpa iritasi.

2. Mengurangi Flek Hitam

Flek hitam pada wajah seringkali disebabkan oleh hiperpigmentasi, suatu kondisi dimana kulit menghasilkan terlalu banyak melanin. Biasanya, rentan terjadi pada orang-orang Asia daripada suku-suku lainnya.

Sebuah jurnal penelitian mengemukakan bahwa pemakaian alpha arbutin selama 12 minggu, mampu membuktikan perubahan pada kulit. Flek hitam kian memudar, sehingga wajah terlihat lebih cerah secara keseluruhan. 

3. Mengatasi Noda Bekas Jerawat

Manfaat selanjutnya dari 5 manfaat alpha arbutin, adalah dapat merawat noda bekas jerawat pada kulit. Setelah jerawat kempes, noda bekasnya seringkali mengganggu penampilan banyak orang. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena alpha arbutin mampu mengatasi masalah tersebut.

Dalam menyamarkan bekas jerawat, kandungan ini memiliki cara kerja yang sama dengan mengurangi flek hitam pada wajah. Zat ini tergolong bahan aktif yang banyak ditemukan pada produk pencerah, sehingga kulitmu akan lebih bercahaya. 

4. Melembapkan Kulit

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa alpha arbutin pada produk perawatan mampu membuat kulit terasa lebih lembap. Dengan begitu, wajahmu akan senantiasa terlihat sehat dan bersinar.

Kulit kering biasanya disebabkan oleh paparan sinar UV, polusi, kurangnya asupan cairan, serta terlalu sering memakai kosmetik berbahan kimia. Nah, alpha arbutin ini akan menghidrasi dan menjaga kadar air pada kulit, juga membuatnya terbebas dari minyak berlebih.

5. Mampu Eksfoliasi

Terakhir, alpha arbutin juga dapat melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati. Manfaat ini bisa diperoleh ketika dipadupadankan dengan berbagai kandungan lain, seperti AHA dan BHA.

Tak hanya mengangkat sel kulit mati, wajahmu juga bisa menjadi lembut berkat komedo yang dibasmi olehnya. Seringkali masalah ini terjadi karena pori-pori yang tersumbat atau dipenuhi kotoran. 

Oh, iya, melalui eksfoliasi tersebut, kandungan ini bahkan mampu mempercepat proses regenerasi kulitmu, lho.

Usai mengetahui 5 manfaat alpha arbutin di atas, apakah kamu berminat untuk mencoba produk perawatan yang memiliki kandungan tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak