facebook

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Kencan Online yang Harus Kamu Ketahui

Xandra Junia Indriasti
Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Kencan Online yang Harus Kamu Ketahui
Ilustrasi Aplikasi Kencan Online (pixabay)

Mencari pasangan dianggap sudah tak terlalu sulit karena adanya berbagai aplikasi kencan online. Namun, keberadannya ini menuai pro dan kontra dari para warganet. Kira-kira, apa alasannya, ya?

Nah, berikut ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi kencan online yang perlu kamu ketahui sebelum berencana akan menggunakannya.

Kelebihan

1. Banyak Pilihan

Kelebiha pertama dari aplikasi kencan online adalah banyak pilihan. Ketika menggunakan aplikasi kencan, kamu akan menemukan banyak orang yang beberapa diantaranya mungkin merupakan tipe ideal-mu. 

Dengan begitu, kamu bisa memilih yang sesuai dengan keinginan. Namun, jangan terlebih dahulu berharap, karena kamu belum mengenalnya secara intens.

2. Punya Tujuan Sama

Saat berkenalan melalui media sosial, kamu tidak tahu apakah orang itu juga sedang mencari pasangan atau bukan. Hal ini tentu akan membuatmu bingung untuk menyukai dan menjadikannya gebetan.

Berbeda dengan aplikasi kencan online yang kebanyakan penggunanya memiliki tujuan untuk mendapatkan pasangan. Dengan begitu, saat berhasil mendekatinya, kamu tak perlu ragu karena bersama ingin menjalani hubungan asmara.

3. Fleksibel

Aplikasi kencan online bisa dilakukan di mana dan kapan saja karena sifatnya yang fleksibel. Hanya menggunakan gadget, kamu bisa menemukan pasangan, sehingga tidak perlu membuang waktu dan pergi ke suatu tempat untuk berkenalan dengan orang lain.

Namun, sebelum menuju hubungan yang semakin dekat, atur pertemuan dengannya dan kenali si calon pendamping lebih mendalam. Gunanya, agar kamu tidak menyesal di kemudian hari, semisal ada sesuatu buruk tentangnya yang dapat membuatmu cemas bahkan trauma.

Kekurangan

1. Ada Tindakan Kriminal

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa aplikasi kencan online tidak hanya punya sisi kelebihan, tapi juga kekurangan. Salah satunya adanya indikasi tindakan kriminal.

Dunia maya memang menyenangkan, tapi tempat ini juga sering dijadikan sarang perilaku kriminal. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kasus penculikan, pemerkosaan, hingga pembunuhan yang bermula pada perkenalan di berbagai aplikasi kencan.

Sebelum memulai aksinya, para pelaku mendekati korban dengan alasan suka dan tertarik. Begitu sudah menjalani hubungan yang intens, barulah ia melakukan tindakan kriminal tersebut.

Situasi seperti ini dianggap miris, karena yang menyakiti diri kita justru orang-orang terdekat.

2. Pemalsuan Identitas

Pemalsuan identitas juga kerap terjadi pada aplikasi kencan online. Para pelaku menggunakan foto orang lain, bisa jadi kenalannya atau bahkan yang tidak ia ketahui. Misal, seleb dunia maya atau tokoh publik luar negeri yang penampilannya terlihat sangat lokal.

Perbuatan seperti ini disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya, tidak percaya diri dengan fisik aslinya atau memiliki niat untuk menipu. Biasanya, ia akan memanfaatkan situasi ketika korban sudah terbuai dengan wajah terbaik yang digunakan pada akun aplikasi kencan.

Ia kemudian terus memohon untuk dikirimi uang dan dibelikan sesuatu oleh sang korban. Jika permintaannya tidak dituruti, seseorang itu bisa saja berperilaku yang lebih buruk lagi.

3. Sering Dijadikan Tempat Pemuas Nafsu

Kekurangan dari aplikasi kencan online selanjutnya adalah sering dijadikan tempat pemuas nafsu semata. Tidak sedikit orang yang mengungkapkan bahwa dirinya pernah menjadi korban pelecehan seksual usai berkenalan melalui aplikasi kencan online, baik secara verbal maupun tindakan seperti dikirimi foto alat kelamin dan sebagainya.

Perilaku tersebut biasanya dilakukan oleh para penggemar seks, bahkan sudah tergolong pecandu. Ia menghalalkan segala cara, termasuk menggunakan aplikasi kencan online untuk dijadikan tempat pemuas nafsu.

Hal seperti itu nyatanya memperburuk citra aplikasi kencan yang bertujuan menemukan pasangan bagi mereka yang berstatus single. Dengan adanya kasus pelecehan yang terus meningkat, membuat banyak orang menjadi enggan menggunakannya kembali.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi kencan online yang perlu kamu ketahui. Oleh karenanya, kamu perlu waspada dan hati-hati saat berencana untuk menggunakan situs-situs tersebut, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak