alexametrics

6 Jenis Makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap, Salah Satunya Makanan Pedas

Sumaiyah Putri
6 Jenis Makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap, Salah Satunya Makanan Pedas
Ilustrasi daging merah (pixabay) / tomwieden.

Sudahkah kamu menangani kebersihan kamu sendiri, terutama untuk masalah bau badan yang tak sedap. Bau badan yang tak sedap tentu dapat menyebabkan kamu merasa tidak nyaman dan canggung sepanjang hari, terutama ketika kamu harus bertemu atau berada di dekat orang lain.

Ternyata, bau badan yang tidak diinginkan ini dapat ditimbulkan oleh makanan yang kamu konsumsi selama ini, lho. Lalu, makanan apa yang menjadi penyebab bau badan? Berikut ini, hellosehat telah merangkum jenis-jenis makanan yang menyebabkan bau badan tak sedap.

1. Daging Merah

Jenis makanan yang dapat menyebabkan bau tak sedap, ternyata bisa datang dari daging merah. Meski nikmat dan lezat, mengonsumsi daging merah dalam jumlah berlebihan bisa membuat tubuh kamu berbau tak sedap. Walapun begitu, tidak disadari berapa banyak daging merah yang dikonsumsi yang bisa menjadi penyebab bau badan.

2. Makanan Pedas

Apakah kamu suka makanan pedas? Jika iya, berhati-hatilah, kamu mungkin memiliki bau badan tak sedap karena hobi atau sering mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas mengandung bahan sintetis yang bisa masuk ke pembuluh darah, kemudian mempengaruhi pernafasan dan keringat. Selain itu, biasanya setelah makan makanan pedas akan membuat tubuhmu berkeringat, maka bau tak sedap dari badan pun akan muncul.

3. Bawang Putih

Cita rasa dasar yang selalu hadir di setiap makanan konon menyebabkan bau badan menjadi tak sedap, salah satunya dari bumbu dapur bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki zat yang disebut allicin. Zat ini secara deduktif memiliki manfaat besar untuk kesehatan, tapi sayangnya zat ini sangat mempengaruhi bau keringat dan menimbulkan bau badan yang tak sedap.

4. Bawang Bombay

Selain bawang putih, rempah dapur lain yang dapat menyebabkan bau badan terasa tak sedap adalah bawang bombay. Respons tubuh terhadap bawang bombay seperti yang terjadi saat kamu mengonsumsi bawang putih. Saat memproses bawang, tubuh menghasilkan zat yang terlihat seperti sulfur. Campuran ini adalah penyebab bau badan tak sedap, terutama saat kamu berkeringat.

5. Makanan yang Mengandung Sulfur

Makanan yang mengandung sulfur, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis, termasuk sumber makanan yang menyebabkan bau badan terasa tak sedap. Pasalnya, zat sulfur dalam jenis makanan ini akan dikonsumsi oleh tubuh, kemudian menyebabkan peningkatan jumlah keringat dan mempengaruhi bau keringat dan napas.

6. Makanan Laut (seafood)

Beberapa jenis makanan laut atau seafood juga bisa menjadi penyebab bau badan tak sedap setiap kali dimakan dalam jumlah banyak, lho. Meski demikian, tidak semua orang yang makan ikan akan mengalami bau badan. Biasanya, kondisi ini ditemukan pada individu yang memiliki masalah metabolisme, misalnya trimetilaminuria. Trimetilaminuria adalah kelainan yang membuat tubuh tidak tepat memproses senyawa kimia dalam seafood dengan baik.

Itulah 6 makanan yang dapat menyebabkan bau badan tak sedap. Untuk mengatasinya, kamu bisa menambahkan konsumsi sayuran hijau saat menyantap jenis makanan yang menyebabkan bau badan, seperti daging. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi risiko bau badan tak sedap karena jenis makanan tertentu. Semoga membantu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak