alexametrics

Jangan Berlebihan, Catat 4 Dampak Buruk Bucin pada Pasangan

Xandra Junia Indriasti
Jangan Berlebihan, Catat 4 Dampak Buruk Bucin pada Pasangan
Ilustrasi Bucin (pixabay)

Bucin merupakan kependekan dari budak cinta, sebuah istilah untuk orang-orang yang sedang dimabuk asmara. Sebetulnya, tidak ada masalah dengan hal ini jika sesuai porsi atau normal. 

Pasalnya, terlalu bucin dapat memicu dampak buruk bagi dirimu sendiri. Apa saja kira-kira? Nah, berikut ini 4 dampak buruk bucin pada pasangan.

1. Jauh dengan Diri Sendiri

Dampak buruk bucing pertama yang diakibatkan karena rasa berlebihan adalah jauh dari diri sendiri. Bagaimana tidak? Seseorang dengan kondisi ini cenderung lebih memikirkan pasangan ketimbang pribadinya sendiri.

Pelaku bucin bahkan tidak peduli saat dirinya merasa sakit atau tertekan. Pikiran hanya berfokus pada kebahagiaan pasangan, hingga lupa bahwa kamu juga butuh perasaan tersebut.

Jika pasangan tidak merasa senang, seringkali menyalahkan dirinya sendiri. Kesedihan yang dialami kekasih seolah disebabkan olehnya. Oleh karena itu, ia merasa memiliki kewajiban untuk membahagiakannya.

2. Lupa Kerabat Dekat Lainnya

Selain jauh dari diri sendiri, terlalu bucin juga membuatmu lupa dengan kerabat dekat lainnya. Kamu seolah lupa akan keberadaan teman, sahabat, bahkan keluarga. Pasalnya, waktu luang hanya diberikan pada pasangan.

Kondisi seperti ini dapat memicu kerenggangan hubungan asmara antara kamu dengan mereka. Nantinya juga bisa saling canggung satu sama lain hingga menimbulkan rasa malas bagi orang-orang itu untuk menemanimu.

Perlu dingat, memiliki pasangan bukan berarti harus selalu bersamanya. Terlebih sampai melupakan siapapun yang juga dekat denganmu. Kamu harus pandai dalam membagi waktu agar tidak saling berseteru.

3. Menghambat Waktu Produktif

Dikarenakan selalu fokus dengan pasangan dan hubungan percintaannya, pelaku bucin kerap menghambat waktu produktifnya. Kamu menunda bahkan mengabaikan kewajiban lain hanya untuk menemani sang kekasih.

Situasi tersebut nyatanya berdampak merugikan, karena bisa saja kamu tak lagi dipercaya untuk melakukan pekerjaan tersebut. Jika sudah seperti ini, apakah pasangan dapat mengatasinya? Belum tentu. 

4. Dianggap Bodoh

Terakhir, terlalu bucin rentan membuatmu dianggap bodoh oleh banyak orang. Baik yang kamu kenal atau tidak. Pasalnya, seseorang yang sedang dimabuk cinta seringkali rela melakukan apapun demi kebahagiaan pasangan. 

Meskipun perbuatan tersebut tergolong tidak baik dan merugikan dirinya sendiri. Mereka dengan kondisi sudah terlalu cinta terhadap pasangannya seolah tak memiliki rasa takut.

Rela berkorban dan diri sendiri yang tersakiti seperti bukan menjadi masalah besar baginya.

Itulah keempat dampak buruk bucin. Apakah kamu yang tengah mengalaminya akan tetap melakukan hal tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak