alexametrics

8 Tips Membeli Laptop Bekas, Agar Tidak Tertipu dan Menyesal

Diat Anugrah
8 Tips Membeli Laptop Bekas, Agar Tidak Tertipu dan Menyesal
ilustrasi laptop bekas (pixabay)

Di dunia digital seperti sekarang ini, laptop menjadi barang wajib yang dibutuhkan banyak orang. Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja, membutuhkan laptop untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas mereka.

Oleh sebab itu, jumlah aktivitas jual beli laptop terus naik dari waktu ke waktu. Baik itu laptop baru maupun bekas. Laptop bekas dipilih sebagian orang karena harganya yang jauh lebih terjangkau. Dengan kata lain, harga laptop bekas lebih ramah di kantong.

Namun, kita tidak boleh sembarangan membeli laptop begitu saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya laptop yang kita dapatkan sesuai dengan harga dan kebutuhan. Jangan sampai tertipu atau tergiur harga murah, tetapi mendapat laptop yang kondisinya sudah tidak baik atau hampir rusak.

Untuk itu, agar tidak tertipu, simak 8 tips membeli laptop bekas berikut ini.

1. Periksa Segel

Semua laptop pasti memiliki segel di salah satu lubang bautnya. Segel tersebut berfungsi untuk memastikan apakah laptop tersebut sudah pernah dibongkar atau belum. Jika segel masih tertutup dengan baik, itu artinya laptop belum pernah dibongkar sama sekali.

Sebaliknya, jika segel sudah terbuka atau rusak, maka laptop sudah pernah dibongkar. Ini benar-benar harus diperhatikan. Sebab, laptop yang pernah dibongkar bisa jadi sudah pernah rusak atau diganti bagian-bagiannya.

2. Periksa Keseluruhan Body Laptop

Pemeriksaan ini dapat dengan mudah dilakukan oleh siapa saja, meskipun tidak memiliki pengetahuan tentang laptop. Kita harus memeriksa kondisi body laptop secara keseluruhan, apa dalam kondisi baik atau tidak.

Periksa apakah ada lecet atau kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Jika tidak ada, kemungkinan laptop tersebut dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya dan masih dalam kondisi baik. Namun, jika ada bagian yang rusak, bisa jadi laptop tersebut pernah jatuh atau terbentur. Hal tersebut tentunya dapat berpengaruh terhadap kondisi bagian dalam laptop.

3. Periksa Layar dan LCD

Tips selanjutnya adalah ketika laptop dinyalakan, periksa kondisi layar dan LCD. Pastikan layar dapat menampilkan gambar dan warna dengan baik. Selain itu, perhatikan apakah ada bintik-bintik atau bagian yang tidak berfungsi pada layar.

Selain itu, perhatikan apakah ada garis-garis tidak perlu pada layar atau tidak, serta apakah gambar bergelombang atau tidak.

Kerusakan dan gangguan kecil pada layar menunjukkan kondisi yang sudah tidak baik. Jika dibiarkan, lama-lama kerusakan akan semakin parah hingga terpaksa harus ganti layar LCD yang harganya lumayan mahal.

4. Periksa Keyboard dan Trackpad 

Keyboard dan trackpad merupakan bagian yang sangat penting pada laptop. Bagian ini berfungsi untuk memberi perintah pada laptop. Jika dua komponen ini rusak, bagaimana kita akan menggunakan laptop?

Oleh sebab itu, periksalah kondisi komponen tersebut. Pastikan semua tombol keyboard berfungsi dengan normal. Begitu juga dengan trackpad, apakah dapat menggerakkan pointer dengan baik atau tidak. Perhatikan pula fungsi klik kiri dan klik kanan pada trackpad.

5. Periksa Kondisi dan Koneksi Socket 

Periksa kondisi setiap socket yang ada pada laptop, misalnya socket USB dan HDMI. Pertama, perhatikan kondisi fisik dari socket-socket tersebut masih baik atau tidak. Pastikan tidak ada lubang socket yang rusak.

Selanjutnya, periksa koneksi socket apakah dapat terhubung dengan baik atau tidak. Socket yang baik dapat tersambung tanpa harus mengotak-atik kabel.

6. Periksa Kondisi Baterai dan Charger 

Saat pertama menghidupkan laptop, perhatikan jumlah baterai yang tersisa. Setelah waktu tertentu, lihat lagi jumlah baterainya. Berapa jumlah baterai yang berkurang?

Jika terlalu banyak baterai yang berkurang, artinya baterai laptop sudah boros. Dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam membeli. Selain itu periksa apakah charger dapat terhubung dengan baik atau tidak. Jika tidak tersambung, akan membuat repot saat menggunakannya.

7. Periksa Sambungan Wireless 

Coba sambungkan laptop dengan Wifi. Pastikan masih dapat terhubung. Jika tidak, akan sangat merepotkan jika kita membutuhkan koneksi internet untuk menyelesaikan pekerjaaan.

8. Periksa Kondisi Webcam dan Speaker

Webcam dan speaker juga merupakan komponen yang cukup penting pada laptop. Periksa kerja kedua komponen tersebut dan pastikan dapat berfungsi dengan baik. Pastikan webcam dapat merekam gambar dengan baik sesuai kualitas kameranya dan perhatikan suara yang dihasilkan oleh speaker.

Demikianlah 8 tips membeli laptop bekas agar tidak tertipu. Semoga kita bisa mendapat laptop yang kita idamkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak