alexametrics

Perhatikan 5 Hal Ini saat Eksfoliasi agar Dapat Hasil Maksimal

Xandra Junia Indriasti
Perhatikan 5 Hal Ini saat Eksfoliasi agar Dapat Hasil Maksimal
Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan eksfoliasi (pixabay)

Eksfoliasi adalah salah satu rangkaian perawatan untuk mengangkat sel kulit mati. Hasil yang diperoleh beberapa di antaranya, yakni kulit jadi terasa jauh lebih lembut dan cerah, aliran darah pun menjadi lancar, lho. Namun, pengangkatan sel kulit mati atau eksfoliasi ini juga memiliki beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, agar mendapat hasil maksimal.

Berikut ini, hellosehat dan halodoc telah merangkum 5 hal yang perlu kamu perhatikan saat eksfoliasi.

1. Kenali Jenis Kulitmu

Sebelum eksfoliasi, kamu perlu tahu jenis kulitmu. Pasalnya, tidak semua dianjurkan untuk melakukan pengangakatan sel kulit mati terlalu sering. Misal, yang terlalu kering atau sensitif. Tipe kulit seperti ini nyatanya cenderung menimbulkan luka yang kemudian membekas, sehingga dapat mengganggu penampilan. 

2. Teliti Memilih Produk

Saat akan melakukan eksfoliasi, tidak lupa untuk teliti dalam memilih produknya. Terlebih bagi kamu yang memiliki tipe kulit cenderung berjerawat. Pastikan kamu mencari produk eksfoliator yang mengandung BHA (beta hydroxy acid). Kandungan ini mampu mengeringkan, sehingga dapat mengontrol minyak berlebih penyebab jerawat. Dosisnya juga perlu diperhatikan dengan memilih yang ringan.

Guna mengetahui aman tidaknya suatu produk, kamu bisa konsultasikan masalah tersebut kepada ahlinya. Hal ini bertujuan agar kulitmu terhindar dari masalah.

3. Perhatikan Prosesnya

Eksfoliasi dilakukan dengan cara menggosok agar sel kulit mati dapat terangkat. Alih-alih memperoleh hasil maksimal, jangan menggerakannya terlalu keras. Pasalnya, dapat memicu luka yang membekas.

Produk scrub atau exfoliator biasanya mengandung butiran kecil untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, saat sedang berjerawat aktif, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi.

Hal ini dikarenakan adanya gesekan antara butiran tersebut dengan kulit yang dapat memperburuk peradangan. Akibatnya, jerawat akan semakin parah hingga menyebabkan iritasi.

4. Ketahui Waktunya

Secara umum, melakukan eksfoliasi manual di rumah tidak bisa terlalu sering. Pasalnya, dapat menyebabkan pengikisan kulit sehingga menjadi lebih tipis, rentan kemerahan, dan luka. 

Normalnya, eksfoliasi dilakukan setiap dua minggu sekali dan dianjurkan lebih bagi kamu pemilik kulit berminyak. Sementara yang sensitif dan kering, jangan terlalu sering. 

Kemudian untuk waktunya disarankan pada malam hari. Jam-jam tersebut dianggap baik karena kulit sedang dalam keadaan istirahat dan tidak terkena sinar matahari.

5. Gunakan Pelembap

Eksfoliasi membuat kulit menjadi lebih kering sehingga merangsang produktivitas minyak berlebih. Oleh karenanya, usai mengangkat sel kulit mati, segera gunakan pelembap pada wajah.

Pakai produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit, tidak menimbulkan banyak minyak, serta nonkomedogenik (tidak menyumbat pori-pori). Pemilihan seperti ini bertujuan agar kulitmu tetap terjaga kesehatannya.

Nah, itulah kelima hal yang perlu diperhatikan saat eksfoliasi agar mendapatkan hasil maksimal. Apakah dalam waktu dekat ini kamu akan melakukannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak