alexametrics

Ayo Nostalgia! Catat Lagi 7 Mantra Harry Potter Terpopuler

Xandra Junia Indriasti
Ayo Nostalgia! Catat Lagi 7 Mantra Harry Potter Terpopuler
Harry Potter (twitter/harrypotterfilm)

Sudah 20 tahun sejak perilisan seri pertama Harry Potter pada 2001 silam, film ini nyatanya menjadi salah satu genre fantasi terbaik dan masih memiliki banyak penggemar hingga sekarang. 

Tak hanya alur dan efek visual, beragam mantra sihir pada film Harry Potter juga menarik perhatian penonton. Namun, 7 berikut ini beberapa mantra Harry Potter terpopuler yang bikin penonton nostalgia.

1. Avadra Kedavra

Avadra Kedavra menjadi yang paling menyeramkan dalam seri Harry Potter. Pasalnya, begitu diucapkan, seseorang yang terkena mantra ini akan kehilangan nyawa. Oleh karena itu, penggunaannya tidak bisa sembarangan dilakukan.

Penyihir yang pernah menggunakan mantra ini adalah Lord Voldemort terhadap Harry Potter. Namun, gagal ditaklukan karena Harry memiliki pengorbanan untuk ibunya. Kemudian, Bellatrix Lestrange juga memakai avadra kedavra saat membunuh Sirius Black.

2. Wingardium Leviosa

Wingardium leviosa menjadi populer karena pelafalan Hermione yang dianggap lucu. Kala itu, ia mengajarkan Ron agar mengucapkan kalimatnya dengan benar, sehingga mantranya berfungsi.

Mantra ini dipakai untuk menerbangkan objek dan butuh konsentrasi tinggi dalam melakukannya, serta pernah ditampilkan pada saat melawan troll Quiller.

3. Expecto Patronum

Expecto patronum digunakan saat Hogwarts akan diserang pasukan kegelapan yang dipimpin Voldemort. Mantra ini membentuk perisai untuk mengusir Dementor dan pertama kali diajarkan oleh Profesor Lupin.

Mantra ini disebut akan berhasil jika dapat membayangkan beragam hal baik dan menyenangkan. Jika tidak, Dementor akan menghisap kebahagiaanmu dan membuatnya menjadi muram.

4. Lumos

Lumos sudah diajarkan awal tahun ajaran dalam kelas pertahanan ilmu hitam. Gunanya, menghasilkan cahaya yang terdapat pada ujung tongkat sihir dan seringkali dipakai sebagai senter. Yup, mantra ini bisa dimanfaatkan untuk menerangkan sekitar saat berada di tempat gelap.

5. Accio

Accio cocok bagi kamu yang malas gerak untuk mengambil sesuatu. Mantra ini berguna dalam memanggil objek atau benda mati. Harry pernah mencoba accio untuk mendekatkan sapu terbang kepadanya saat turnamen Wizard sedang berlangsung.

6. Riddikulus

Selanjutnya, ada mantra riddikulus yang juga disebut paling populer. Kemunculan pertamanya diajarkan oleh Profesor Lupin pada kelas pertahanan ilmu hitam. Terlihat sederhana, tetapi penggunaannya memerlukan tingkat fokus yang tinggi.

Riddikulus dipakai sebagai pengubah bentuk sesuatu yang ditakuti menjadi menyenangkan. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan bertahan seseorang.

Situasi ini tergolong berat, karena hal tersebut bisa saja merupakan kenangan buruk yang memicu trauma.

7. Expelliarmus

Mantra ini pertama kali digunakan oleh Profesor Snape saat berkompetisi sihir melawan Profesor Lockhart. Manfaatnya untuk melucuti senjata atau orang itu sendiri hingga terpental. Kemudian, penggunaannya juga dipakai berkali-kali dalam seri Harry Potter.

Itulah ketujuh mantra Harry Potter yang dianggap paling populer. Apakah salah satunya ada yang menjadi favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak