alexametrics

4 Aktivitas Alam yang Ampuh Mengurangi Stres, Pernah Mencoba?

Xandra Junia Indriasti
4 Aktivitas Alam yang Ampuh Mengurangi Stres, Pernah Mencoba?
Ilustrasi Relaksasi Alam (pixabay)

Sudah diketahui bahwa kehidupan jarang sekali mulus. Di tengah-tengahnya, selalu dihadapkan dengan berbagai masalah yang seringkali memicu stres, bahkan gangguan kesehatan mental lainnya.

Untuk mengatasi dan mengurangi stres, ada berbagai cara yang bisa kamu pilih. Salah satunya dengan 4 aktivitas yang ada kaitannya dengan alam ini.

1. Menghirup Udara Pagi

Udara pagi bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi stres atau saat sedang banyak pikiran. Diketahui, menghirupnya dapat membuatmu menjadi lebih rileks dan segar.

Terlebih bagi yang tinggal di daerah pedesaan dekat sawah atau hutan. Cobalah luangkan waktu untuk berjalan santai sambil menikmati udara pagi yang disebut masih terasa sejuk.

2. Mendengar Suara Hujan

Hujan seringkali dianggap menyeramkan, terutama jika dibarengi dengan petir dan gemuruh, atau yang menyebabkan banjir. Namun, banyak orang mengatakan bahwa suara rintikannya begitu candu.

Mereka menambahkan jika suara hujan dapat dijadikan relaksasi. Begitu mendengarnya, pikiran dan suasana hati seolah merasa tenang. Belum lagi aroma tanah dan tanaman yang diguyur juga disebut mampu membuatmu rileks.

Satu lagi, suara hujan yang turun di pedesaan dianggap lebih terasa menenangkan. Pasalnya, situasi disana lebih sepi dan asri ketimbang perkotaan.

3. Melihat Pepohonan Rindang

Pepohonan yang rindang, lebat, dan berwarna hijau nyatanya berperan penting bagi kesehatan mental seseorang. Pasalnya, dipercaya dapat menyegarkan mata yang kemudian sinyal itu dikirim menuju otak.

Dengan begitu, pikiran menjadi lebih terbuka dan merasa rileks. Tidak sedikit orang yang mengunjungi tempat berpohon lebat ketika sedang mengalami stres. Beberapa contohnya adalah kebun dan hutan.

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke dua tempat tersebut, jangan khawatir. Ada alternatif lain, seperti menciptakan kebun sendiri di rumah dengan menanam pohon yang paling disukai.

4. Berendam Air Hangat

Selanjutnya, untuk mengurangi stres usai menghadapi beragam masalah kehidupan, kamu bisa berendam menggunakan air hangat. Pilih kolam alami yang biasanya terdapat pada bukit, hutan, atau curug.

Berendam pada tempat-tempat tersebut dianggap mampu membuatmu merasa lebih tenang. Selain itu, belerang yang terkandung di dalamnya juga dipercaya dapat mengatasi beragam penyakit kulit. Cobain, deh!

Nah, dari keempat hal dari alam di atas, mana yang menurutmu paling ampuh untuk mengatasi stres?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak