facebook

Kenali 5 Penyebab Ponsel Lemot Ini, Salah Satunya Performa Baterai Menurun

Xandra Junia Indriasti
Kenali 5 Penyebab Ponsel Lemot Ini, Salah Satunya Performa Baterai Menurun
Ilustrasi Sebuah Ponsel (pixabay)

Ponsel merupakan salah satu kemajuan teknologi yang kepemilikannya saat ini seolah wajib. Pasalnya, dengan alat ini, seseorang bisa berkomunikasi, mencari informasi, serta memperluas relasi. Namun, seringkali ponsel mendadak lemot atau macet saat digunakan. Kira-kira, kenapa, ya? Nah, di bawah ini 5 penyebabnya yang perlu kamu ketahui.

1. Performa Baterai Menurun

Ponsel yang mendadak lemot dapat dipengaruhi oleh penurunan performa baterai. Jadi, kamu perlu menjaga kualitasnya agar tetap baik dan sehat. Misal, tidak menggunakannya saat sedang diisi ulang atau sembarangan memilih produk cas hingga merusak baterai.

2. Kapasitas RAM Kurang Memadai

RAM merupakan jenis penyimpanan penting pada sebuah ponsel. Hal ini digunakan oleh sistem operasi serta seluruh aplikasi dalam menjalankannya. Jadi, semakin banyak aplikasi yang diunduh akan memakan tidak sedikit data pemrosesan RAM. Jenis android disebut sudah dirancang lebih baik dalam mengatur penyimpanan dan membebaskan sumber tak dikenal.

Namun, jika kamu memiliki kapasitas minim dan ingin menggunakan aplikasi yang membutuhkan RAM besar, sangat tidak disarankan. Pasalnya, dapat membuat ponsel menjadi lemot dan macet. Sebagai solusi, kamu bisa menonaktifkan layanan aplikasi bawaan untuk memperbaiki kinerja RAM. Dengan begitu, ponsel dapat kembali berjalan normal.

3. Memori Internal Tidak Cukup

Selanjutnya, ponsel menjadi lambat atau lemot saat memori internal tidak cukup. Peringatan ini seringkali muncul pada berbagai perangkat, khususnya android. Nyatanya, kapasitas memori internal yang tidak memadai ini dapat mempengaruhi kinerja ponsel. Dengan begitu, pemakaiannya menjadi lebih lambat.

Beberapa cara untuk mengatasi masalah ini adalah hapus file atau aplikasi yang jarang dipakai serta membersihkan cache dan sampah secara rutin.

4. Ada Aplikasi Eror

Bagi kamu pengguna android, pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang tiba-tiba sulit dibuka. Beberapa lainnya bahkan menutup sendiri hingga membuat ponsel macet. Kemungkinan, bukan ponsel yang rusak, melainkan aplikasi tersebut. Biasanya, penyebab terjadinya eror karena versi yang sudah lama dan tidak diperbaharui. Situasi seperti ini nyatanya memperlambat kinerja ponselmu alias membuatnya lemot.

5. Pembaruan Sistem Tak Sesuai

Pembaruan sistem operasi memang diperlukan, mengingat fungsinya yang dapat mempengaruhi kinerja ponsel. Namun, beberapa diantaranya seringkali menyita ruang tersendiri pada memori internal. Kondisi tersebut harus dipertimbangkan, terlebih bagi kamu dengan ponsel yang memiliki RAM dan memori internal rendah.

Jika dipaksakan memperbarui sistem, maka akan membuat ponsel menjadi lambat atau lemot. Oleh karena itu, kamu yang ingin merasakan sistem operasi terbaru, lebih baik menggantinya dengan ponsel baru. Tentunya yang lebih memadai.

Itulah kelima penyebab ponsel menjadi lebih lemot atau tiba-tiba macet. Apakah kamu pernah mengalami hal tersebut saat menggunakannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak