facebook

5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan yang Harus Kamu Ketahui

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan yang Harus Kamu Ketahui
Ilustrasi Kulit Jeruk (pixabay)

Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi, sehingga keberadaannya terus dicari. Bentuknya bulat dengan warna cenderung oranye, sedangkan rasanya manis dan ada juga yang asam. Tak hanya daging buahnya, kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan sebagai kecantikan kulit wajah, lho.

Bagian kulit jeruk nyatanya memiliki beragam manfaat yang baik untuk kecantikan. Berikut ini, halodoc dan klikdokter merangkum lima manfaat kulit jeruk untuk kecantikan.

1. Mencerahkan Kulit

Vitamin C yang juga terkandung dalam kulit jeruk nyatanya baik untuk mencerahkan kulit serta membuatnya kian bersinar. Tidak heran jika banyak produk perawatan yang berbahan dasar buah oranye ini.

Namun, penggunaannya tidak bisa terlalu banyak karena kulit jeruk juga memiliki asam sitrat. Kandungan ini dapat menyebabkan efek panas serta iritasi pada kulitmu.

2. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Penuaan dini menjadi masalah kulit yang paling ingin dihindari oleh banyak orang, khususnya wanita. Tanda-tandanya antara lain, muncul keriput, garis halus, serta kendur yang tentu dapat mengganggu penampilan.

Pencegahannya sendiri sangat variatif. Satu contoh, dengan menggunakan kulit jeruk sebagai masker. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan, vitamin C, dan kalsium.

Antioksidan dan vitamin C dikenal ampuh melawan radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu penuaan dini. Sementara kalsium mampu menjaga lapisan epidermis kulit. Dengan begitu, kondisinya menjadi lebih kencang.

3. Meregenerasi Sel Kulit Mati

Kulit seringkali menghasilkan sel mati yang membuatnya terasa kasar dan berubah warna menjadi lebih gelap. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan eksfoliasi, misal menggunakan kulit jeruk.

Kalsium dan flavonoid diketahui mampu meregenerasi sel kulit mati. Dengan begitu, kondisinya yang kusam dan kasar dapat diganti oleh yang baru serta lebih sehat.

4. Mengurangi Komedo dan Jerawat

Komedo dan jerawat menjadi dua masalah kulit yang memicu rasa kurang percaya diri. Penyebabnya sendiri dikarenakan pori-pori yang tersumbat, hormon, atau asupan tertentu.

Debu, kotoran, dan bekas riasan yang masih menempel pada kulit juga merupakan penyebab dari pertumbuhan jerawat serta komedo. Biasanya, komedo banyak timbul pada hidung, pipi, dahi, dan dagu.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Dengan beragam nutrisi, kulit jeruk sebagai masker dapat mengurangi masalah-masalah tersebut. Asal menggunakannya secara rutin, seperti 1-2 kali seminggu.

5. Dijadikan Toner Alami

Toner termasuk salah satu produk perawatan yang biasa digunakan sebelum atau sesudah mencuci muka. Bentuk dan teksturnya mirip air, namun beberapa diantaranya memiliki aroma khas.

Guna memperoleh kulit yang lembap serta terhindar dari minyak berlebih, kamu bisa membuatnya sendiri dengan kulit jeruk. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi.

Itulah kelima manfaat kulit jeruk untuk kecantikan yang harus kamu ketahui. Nah, usai mengetahui lima manfaat kulit jeruk yang nyatanya baik untuk kecantikan, apakah kamu ingin mulai mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak