facebook

7 Cara agar Resolusi Diri Tercapai di Tahun yang Baru, Semangat!

Andi Nitha Nahfiah
7 Cara agar Resolusi Diri Tercapai di Tahun yang Baru, Semangat!
Ilustrasi Tahun Baru (pexels.com/anntarazevich)

Bukan rahasia lagi setiap manusia selalu ingin ada peningkatan hidup dari tahun ke tahun. Apalagi di tahun ini wabah penyakit belum juga tuntas sehingga memengaruhi segala sendi kehidupan. Untuk itu, beberapa orang perlu resolusi dari dalam diri agar hidup jadi terarah, sehingga apa yang diinginkan tercapai dan menjadi lebih baik. Nah berikut ini, Healthline merangkum tujuh cara agar resolusi diri tercapai di tahun yang baru. Yuk, disimak!

1. Manfaatkan waktu sebaik mungkin

ilustrasi waktu (pexels.com/id-id/kool-shooters)
ilustrasi waktu (pexels.com)

Jika di tahun sebelumnya kita banyak menggunakan waktu untuk hal yang tidak berguna, maka di tahun yang baru kamu bisa membuat resolusi untuk mulai mengubahnya. Gunakan waktu sebaik mungkin dan isi dengan hal positif.

Kehidupan  itu tidak hanya untuk bersenang-senang atau bersedih saja. Coba isi waktumu dengan hal baik sehingga hasil yang didapat juga baik dan bermanfaat bagi hidupmu.

2. Lihat kekurangan dan kelebihan diri

ilustrasi melihat kekurangan dan kelebihan diri(pexels.com/id-id/didsss)
ilustrasi melihat kekurangan dan kelebihan diri (pexels.com)

Setiap manusia tidak ada yang sempurna. Selalu ada kekurangan dan kelebihannya. Jika ingin berubah menjadi baik kamu harus mengenal kelebihan dan kekurangan diri. Setelah mengetahuinya kamu tinggal mengelolanya dan mengarahkan yang benar. Kelemahanmu tidak akan selalu menjadi hal yang buruk bagi dirimu, demikian juga kelebihanmu.

Namun, jika kamu dapat mengarahkan dengan bijak maka kamu menjadi pribadi yang lebih baik. Di tahun yang baru ini, melihat kekurangan dan kelebihan dirimu bisa kamu jadikan resolusi yang harus kamu capai.

3. Jangan menyerah

ilustrasi jangan menyerah(pexels.com/id-id/kampus)
ilustrasi jangan menyerah(pexels.com)

Untuk memperbaiki diri memang tidak mudah, butuh proses, perjuangan, dan waktu yang panjang.

Jika mendapatkan tantangan dalam hidup jangan mudah menyerah dan putus asa.Ketahui, orang yang tidak tahu apapun atau dianggap bodoh bisa menjadi pemenang ketika mereka tidak mudah menyerah.

4. Tuliskan resolusi

ilustrasi catatan(pexels.com/id-id/cottonbro)
ilustrasi catatan(pexels.com/id-id/cottonbro)

Tips berikutnya jika kamu ingin resolusimu tercapai di tahun baru, yakni tulis resolusi yang akan kamu capai. Jangan hanya disimpan dalam pikiranmu, karena dengan mencatatnya kamu akan memiliki rasa tanggung jawab untuk mencapainya. 

Taruh atau tempatkan catatan tersebut di tempat yang mudah dilihat. Misalnya di cermin, meja belajar, atau dekat tempat tidurmu. Dengan demikian kamu akan terus membaca dan mengingatnya.

5. Jangan pesimis

ilustrasi pesimis(pexels.com/id-id/shvets-production)
ilustrasi pesimis(pexels.com)

Cara selanjutnya agar resolusi diri tercapai di tahun baru, yakni jangan berlarut-larut akan pesimis. Sebab, menjadi pesimis akan merusak pribadimu, pikiranmu sudah tersugesti buruk apa yang akan dilakukan sehingga kamu akan malas untuk bertindak.

Jadi, hilangkan rasa pesimis dalam diri. Coba untuk menghargai apa yang kamu miliki dan terus berpikir jika kamu bisa melakukan apa pun. Teruslah belajar agar dapat mengubah dirimu menjadi lebih baik.

6. Terima kesempatan

ilustrasi menerima kesempatan(pexels.com/id-id/@tiger-lily)
ilustrasi menerima kesempatan(pexels.com)

Apakah kamu yakin bahwa kesempatan itu tidak datang dua kali? Memang benar adanya, kesempatan itu tidak datang dua kali. Jika kamu menginginkan perubahan dalam diri tercapai di resolusi tahun baru ini, maka setiap ada kesempatan jangan disia-siakan. Tentunya kesempatan yang positif bukan negatif.

Jika kamu sudah menerima kesempatan tersebut dan tidak sesuai dengan hasil yang diingin, tidak mengapa karena ada pengalaman yang berhasil kamu dapat. Bukankah pengalaman adalah guru yang berharga untuk menjadi lebih baik?

7. Perdalam keimanan

ilustrasi memperdalam keimanan( pexels.com/id-id/meruyert-bissimbayeva)
ilustrasi memperdalam keimanan( pexels.com)

Setiap agama memberi keyakinan yang dapat memperkuat keimanan setiap penganutnya. Oleh karena itu, berdoa adalah cara yang tak kalah penting kamu terapkan jika ingin resolusimu di tahun baru ini tercapai. Dengan begitu, segala resolusimu akan menjadi lebih terarah dan lebih baik, di samping usaha yang juga kamu lakukan.

Itulah tujuh cara agar resolusi diri tercapai di tahun yang baru. Dari cara di atas, mana yang akan kamu pakai agar hidupmu lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak