facebook

7 Cara Memperlakukan Pasangan dalam Hubungan Asmara yang Sehat, Pelajari!

Xandra Junia Indriasti
7 Cara Memperlakukan Pasangan dalam Hubungan Asmara yang Sehat, Pelajari!
Ilustrasi Pria Memperlakukan Wanita dengan Baik (freepik)

Seseorang, apa pun gendernya berhak diperlakukan dengan baik dalam hubungan asmara, baik secara fisik maupun psikis. Oleh karena itu, apabila kamu menginginkan hubungan asmara yang sehat, kamu perlu tahu cara memperlakukan pasanganmu dengan baik melalui tujuh poin di bawah ini.

1. Tanyakan Kesehariannya, tapi Jangan Berlebihan

Mungkin kamu merasa jika bertanya keseharian pasangan akan membuatmu terlihat seperti orang yang "kepo." Padahal, perilaku ini membuktikan bahwa kamu peduli dengan aktivitasnya di waktu tersebut. Namun, jangan bertanya terus menerus atau setiap aktivitas yang dijalani, karena kepo berlebihan, justru bisa mengarah pada hubungan toksik.

Pertanyaan sederhana yang mungkin kamu anggap sepele seperti, "are you okay?" bagi sebagian besar orang bisa sangat berharga dan merasa dihargai keberadaannya, lho. Pasalnya, mungkin pada hari itu ia atau pasanganmu mengalami hal buruk yang membuat suasana hatinya menurun.

2. Jadi Pendengar yang Baik

Kamu sebagai pasangan juga perlu memperlakukan pasanganmu dengan menjadi pendengar yang baik. Simak secara baik-baik ceritanya tanpa memotong satu bagian pun, sebagai bentuk menghargai segala ceritanya.

Setelahnya, kamu bisa memberikan pendapat atau saran yang sekiranya membantu mengurangi beban pasanganmu. Dengan catatan, pasanganmu membutuhkan dan mengizinkanmu memberikan saran atau masukan.

Sebab, tidak semua cerita harus diberikan saran atau masukan, melainkan sekadar didengar saja. Perilaku seperti ini, akan membuatnya merasa nyaman dan dihargai, lalu kamu akan dianggap sebagai tempat bercerita paling nyaman dan aman.

3. Menaruh Rasa Empati

Berempati sesama manusia yang tidak dikenal saja sangat dianjurkan, apalagi dengan pasanganmu. Tunjukkan rasa ini saat ia bercerita tengah mengalami masa-masa sulit. Lebih baik lagi jika kamu bisa membantu meringankan masalahnya.

Dengan begitu, pasangan akan merasa bahwa kamu peduli dan mau menemaninya dalam menghadapi kesulitan tersebut. Nah, hubungan asmara yang seperti ini bisa dibilang dapat bertahan lama dan sehat, lho.

4. Mengenalkannya pada Teman-Teman

Untuk mengetahui apakah kamu bangga memilikinya sebagai pasangan, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, memperkenalkan pasanganmu pada teman-teman dekat.

Tak hanya bangga, ia juga akan menganggapmu mudah dipercaya serta mampu menjalani hubungan yang serius. Dengan begitu, pasangan jarang merasa khawatir atau takut karena ia yakin kamu hanya menyukainya.

5. Memberi Tahu Hal yang Kamu Sukai

Selanjutnya, kamu bisa memberi tahu hal-hal yang disukai kepada pasanganmu. Mereka akan merasa dirinya spesial karena dapat mengetahui apa yang menjadi favoritmu sebagai pasangan kekasih. Di samping itu, hubungan asmara yang baik juga ditandai dengan sikap saling terbuka.

Dengan memberikan informasi tersebut akan memudahkannya untuk menghiburmu di kemudian hari. Ia juga akan menjadi lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu yang mungkin saja kurang kamu sukai.

6. Berikan Pujian dan Dukungan

Hampir semua orang pasti senang menerima pujian serta dukungan dari pasangannya. Untuk itu, cobalah berikan hal tersebut padanya yang meliputi penampilan, kemampuan melakukan sesuatu, atau saat ia membuat keputusan.

Dengan begitu, pasangan akan menganggapmu sebagai seseorang yang dapat menghargai pasangannya. Situasi seperti ini berpengaruh baik pada hubungan asmara yang menjadikannya semakin harmonis dan langgeng.

7. Memahami Kesukaannya

Tak hanya memberi tahu hal-hal favoritu, kamu juga perlu memahami apa yang disukai pasanganmu. Misalnya hobi atau sesuatu yang membuatnya bahagia. Dengan begitu, ia akan menganggapmu perhatian dan serius menjalani hubungan asmara bersamanya. Jika sudah mengenal kesukaannya, kamu bisa dengan mudah memperbaiki suasana hatinya yang mungkin tiba-tiba memburuk. 

Itulah ketujuh cara memperlakukan pasangan secara baik dalam hubungan asmara yang sehat. Lalu, apakah ada poin yang menurutmu sulit?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak