facebook

3 Alasan Kenapa Kebiasaan Kecil Dapat Merubah Hidup, Kamu Wajib Tau

Rizki Oktavian
3 Alasan Kenapa Kebiasaan Kecil Dapat Merubah Hidup, Kamu Wajib Tau
Ilustrasi merokok.[Unsplash/Irina Iriser]

Kebiasaan adalah rutinitas atau perilaku yang dijalankan secara teratur dan otomatis, kualitas hidup kita sendiri sering kali bergantung kepada kebiasaan kita. Karena pengaruh kebiasaan akan menjadi berlipat lipat jika kamu mengulang kebiasaan tersebut.

Sering kali kita menyakinkan diri bahwa suatu hal yang besar dimulai dari hal yang besar pula. Seperti menurunkan berat badan, membangun bisnis, menulis buku, memenangkan kejuaraan, atau meraih sasaran lain, kita seringkali memikirkan suatu yang berat sehingga menimbulkan beban bagi diri kita sendiri.

Padahal sebenarnya, perbaikan dan pengubahan kebiasaan-kebiasaan kecil setiap harinya tidak akan terlalu berasa dan kadang malah tak terlihat, dan dapat jauh lebih bermakna, terutama dalam jangka panjang 5-10 tahun lagi.

Contohnya saja jika kamu menjadi 1% lebih baik setiap harinya dalam setahun, akhirnya kamu akan 37 kali lebih baik pada akhir tahun. Begitu pula dengan hal buruk, jika kamu menjadi 1% lebih buruk setiap harinya dalam satu tahun, akhirnya kamu akan 37 kali lebih buruk pada akhir tahun. Nah, inilah alasan kenapa kebiasaan kecil dapat merubah hidup kamu.

1. Sesuatu yang Besar Mulai dari yang Kecil

Sejak 1908, pembalap sepeda Inggris hanya memenangkan satu medali emas di ajang Olimpiade, namun semua itu berubah dalam satu pada 2003, ketika organisasi tersebut merekrut Dave Brailsford sebagai direktur performa yang baru.

Nah, Brailsford dan pelatih-pelatihnya mulai dengan membuat perubahan-perubahan pada hal kecil, seperti merancang ulang jok sepeda agar lebih nyaman dan mengoleskan alkohol pada ban agar cengkraman nya menjadi lebih baik.

Brailsford bahkan mengecat bagian dalam bagian dalam truk tim menjadi berwarna putih, yang memudahkan atlit untuk melihat debu-debu kecil.

Hanya lima tahun sejak Brailsford direkrut, di ajang olimpiade 2008 tepatnya, pembalap sepeda Inggris ini memenangkan 60% dari total medali emas yang diperebutkan .

Kisah di atas adalah bukti nyata bahwa kebiasaan kecil dan perlakuan kecil ini menjadi alasan bahwa hal tersebut akan merubah hidup kamu.

2. Keotomatisan Kebiasaan

Kebiasaan itu seperti atom dalam hidup kita. Tiap kebiasaan merupakan satuan mendasar yang ikut membentuk perbaikan secara keseluruhan. Pada awalnya, rutinitas sangat kecil ini terkesan seperti tak berharga/bermakna, tapi sejalan dengan waktu akan saling membangun dan menjadi bahan bakar untuk kemenangan-kemenangan yang lebih besar.

Kebiasaan itu sendiri akan terbentuk karena perulangan yang dilakukan, otak akan mengambil petunjuk yang telah mempredikisi hasil-hasil tertentu tanpa secara sadar kamu pikirkan. Begitu kebiasaan menjadi otomatis, kamu berhenti memberikan perhatian pada apa yang kamu lakukan.

Begitu suatu kebiasaan telah terotomatiskan, dorongan untuk melakukannya akan muncul setiap kali lingkungan yang sesuai untuk petunjuk melakukan kebiasaan tersebut.

3. Sistem Kebiasaan

Kebiasaan kebiasaan kecil yang kamu lakukan akan merubah sebuah sistem kebiasaan yang ada dalam diri kamu. Kamu juga mustahil dapat melupakan kebiasaan yang telah kamu lakukan.

Pengendalian diri dalam sebuah sistem kebiasaan hanya merupakan strategi jangka pendek, bukan jangka panjang untuk merubah kebiasan tersebut. Dari pada mengerahkan kemauan kuat baru setiap kali ingin melakukan hal yang benar, energi anda lebih baik dikerahkan untuk mengoptimalkan lingkungan, seperti jika kamu mempunyai kebiasaan merokok, cobalah untuk membuat merokok itu susah dilakukan, dan juga buat pengganti kebiasaan merokok ini menjadi suatu yang lebih baik.

Mulai dari sekarang, coba lakukan perubahan kecil dari mulai dirimu sendiri. Semoga  menginspirasi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak