alexametrics

8 Cara Mengoptimalkan Marketing Bisnis dengan Pinterest

hesti ya
8 Cara Mengoptimalkan Marketing Bisnis dengan Pinterest
Ilustrasi platform Pinterest di handphone (Unsplash/Charles Deluvio)

Biasanya ketika kita ingin mendapatkan ide, kita akan menghabiskan waktu untuk menjelajahi Pinterest. Entah itu ide untuk referensi dekorasi, video tutorial membuat kerajinan tangan, atau bahkan mencari outfit.

Selain digunakan untuk mencari ide, platform ini juga dapat kita manfaatkan untuk mempromosikan bisnis, hasil karya, atau bahkan dapat membangun personal. Dengan menggunakan Pinterest, kita dapat mendownload gambar, menyimpan gambar ke board yang kita buat, mengunjungi laman dari konten tersebut, atau bahkan berbelanja.

Kemudahan dalam mengunakan Pinterest serta banyaknya konten-konten yang menarik, membuat lebih dari 500 juta orang menggunakan platform ini. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan yang baik apabila kita ingin melakukan pemasaran di Pinterest. Ditambah dengan fitur-fitur yang disediakan oleh Pinterest yang akan membantumu memudahkan untuk melakukan marketing. Kita dapat menjual produk atau mengedukasi target pasar mengenai produk melalui Pinterest.

Kemudian bagaimana caranya untuk mengoptimalkan marketing di Pinterst? Berikut merupakan strategi yang dapat kamu lakukan  untuk mengoptimalkan marketing di Pinterst :

1. Ubah akunmu menjadi akun bisnis

Perubahan ini tidak membutuhkan biaya dan mudah untuk dilakukan. Dengan mengubah akunmu menjadi akun bisnis, maka kamu dapat mengakses Pinterest Analytics. Di mana pada fitur Pinterest Analytics, kamu dapat menemukan fitur Overview, Audience Insight, dan Video.

  • Fitur Overview dapat membantu kamu untuk mengetahui Impressions (Jumlah orang yang melihat Pin-mu) dan Engagement (Jumlah orang yang mengklik dan menyimpan Pin-mu) secara real time, serta mengetahui Total Audience (Jumlah orang yang melihat, mengklik, dan menyimpan Pin-mu) dan Engaged Audience (Jumlah orang yang tertarik dengan Pin-mu) dalam sehari. Kamu juga dapat melihat Top Boards dan Top Pinsmu secara real time.
  • Fitur Audience Insight dapat kamu gunakan untuk mengetahui total audiensmu, jumlah audiens yang tertarik dengan akunmu, usia, jenis kelamin, lokasi audiensmu serta device yang digunakan.
  • Fitur Video menyediakan laporan mengenai jumlah tayangan video, total penayangan video, banyaknya audiens yang mengklik, dan menyimpan videomu.

2. Lakukan kustomisasi pada akunmu

Percantik akunmu dengan menambahkan cover board dan foto profil. Sesuaikan username sesuai dengan nama bisnismu. Kamu dapat mengisi username dengan maksimal 65 karakter. Maksimalkan ke 65 karakter tersebut untuk menggambarkan bisnismu. Selain memasukkan nama bisnismu, kamu dapat menambahkan keywords yang berhubungan dengannya. Kemudian tambahkan bio. Kamu dapat mendeskripsikan brandmu atau menambahkan informasi mengenai platform bisnis yang lainnya. Alangkah baiknya jika kamu juga mencantumkan URL websitemu.

3. Upload Pin secara terjadwal

Pin merupakan istilah untuk konten di Pinterest. Sudah jelas jika kamu mengunggah konten secara teratur, maka kamu dapat mempertahankan audiensmu. Untuk membuat konten alangkah baiknya jika menggunakan visual konten yang menarik dan dan high quality. Usahakan untuk mengunggah konten dalam posisi vertikal karena konten tersebut lebih direkomendasikan oleh Pinterest. Tambahkan title dan deskripsi menggunakan keywords dan tag yang sesuai. Keywords dan tag akan membantu kontenmu muncul di hasil pencarian dan pin yang terkait. Untuk mengarahkan Pins ke website atau akun jualanmu lainnya maka, kamu dapat menambahkan URL. Dengan begitu, audiens akan dapat mengunjungi websitemu dengan mudah.

4. Buat Pinterest Board

Board merupakan kumpulan dari Pin-Pin yang memiliki kategori yang sama. Buat Pinterest Board dan beri keywords yang berkaitan dengan bisnismu. Pinterest Board akan membantu akunmu untuk dijangkau banyak orang. Pastikan Boardsmu tidak dalam mode Secret karena hal tersebut akan membuat audiens tidak dapat menjangkau Boardsmu.

5. Berkolaborasi membuat Boards

Kolaborasi Boards, berarti Boards dapat diakses oleh beberapa akun lainnya. Akun-akun tersebut dapat menambah Pins ke dalam Boards. Kamu dapat membuat Boards kemudian membagikannya atau kamu bergabung dengan Boards lainnya. Pastikan jika Boards dimana kamu bergabungm sesuai dengan konsep bisnismu. Hal ini akan membantu Pinsmu dijangkau oleh banyak audiens.

6. Promosikan akun Pinterestmu

Bagikan Pins ke akun social mediamu lainnya. Bagikan ke Twitter, Facebook, LinkedIn, dal lainnya.

7. Follow akun lainnya

Kamu dapat memfollow akun lainnya yang memiliki konsep yang sama denganmu atau follow akun kompetitormu. Dengan begitu kamu dapat mengetahui apa yang dilakukan mereka di Pinterest dan kamu dapat mempelajari pola mereka.

8. Menyematkan Pins Secara Konsisten

Selain mengunggah Pins secara terjadwal, pastikan untuk menyematkan Pins akun lainnya setiap hari. Hal ini juga akan membantumu menjangkau lebih banyak audiens. Pastikan untuk menyematkan minimal 15-25 Pins dalam sehari.

Itulah beberapa strategi yang dapat kamu lakukan  untuk mengoptimalkan marketing di Pinterest. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk melakukan marketing di Pinterest?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak