alexametrics

10 Kebiasaan Kecil yang Dapat Membuat Hidup Jadi Lebih Baik

Rizki Oktavian
10 Kebiasaan Kecil yang Dapat Membuat Hidup Jadi Lebih Baik
Ilustrasi membaca buku (pixabay.com)

Kebiasaan adalah rutinitas atau perilaku yang dijalankan secara teratur, dan kualitas hidup kita seringkali ditentukan oleh kebiasaan kita. Oleh karena itu, cobalah untuk membangun dan melakukan sebuah kebiasaan baik setiap harinya. Namun, sebuah studi dari University of Scranton (Amerika Serikat) menemukan bahwa 92% orang gagal memenuhi resolusi Tahun Baru mereka, dan 80% dari 92% nya telah gagal pada minggu kedua Februari.

Kebanyakan orang gagal dalam membangun kebiasaan adalah mencoba mengharapkan perubahan instan dalam satu malam, padahal kesuksesan sendiri adalah produk dari perulangan kebiasaan baik setiap harinya, Jacob Riis (Reformis sosial Denmark-Amerika) pernah berkata "Ketika apapun tak ada gunanya, saya sengaja pergi menyaksikan tukan batu mengayunkan martil ke sebongkah batu cadas, mungkin sampai seratus kali, tanpa mengahasilkan satu retakan pun pada batu cadas itu. Namun, pada hantaman yang ke seratus satu kali, batu cadas itu terbelah menjadi dua, dan saya tahu bukan hantaman terakhir yang menyebabkannya melainkan semua hantaman yang dilakuakan sebelumnya."

Nah, untuk membangun kebiasaan baru yang lebih baik, cobalah untuk menjadikan kebiasaan tersebut menarik, menjadikan kebiasaan tersebut mudah, dan menjadikan kebiasaan tersebut memuaskan untuk dilakukan. Makin menarik suatu kebiasaan, makin besar pula peluang menjadikannya sebuah kebiasaan.

Berikut adalah 10 kebiasaan kecil di beberapa bidang kehidupan. Masing-masing dapat berfungsi sebagai dasar untuk terus membuat lebih banyak perubahan dalam hidup Anda.

1. Mematikan handphone di malam hari pada jam yang telah di tentukan

Handphone (HP) merupakan salah satu distraksi terbesar dalam hidup kita. Bahkan ada orang yang tidak bisa tertidur sebelum baterai HP-nya habis. Mematikan HP di malam hari pada jam-jam yang telah ditentukan membuat tidur kamu lebih produktif.

2. Bangun dan tidur lebih awal

Tidur adalah salah satu hal yang kecil, namun memiliki dampak yang besar bagi kita dalam kehidupan, cobalah untuk tidur 7-8 jam perhari nya di malam hari.

3. Duduk saat kamu makan

Cobalah untuk duduk setiap kali kamu makan. Karena dengan kamu berjalan atau bahkan berlari saat makan tidak membuat kamu menjadi lebih produktif, melainkan akan membuat kamu mengalami gangguan-gangguan pencernaan yang bisa muncul kapan saja.

4. Mematikan semua notifikasi kamu, kecuali dari mereka yang penting

Semakin banyak notifikasi yang kamu dapat dalam setiap harinya, meningkatkan jumlah penggunaan HP dalam seharinya, dan otomatis akan menurunkan tingkat produktivitas kamu.

5. Hapus aplikasi yang tidak penting di HP kamu

Kebanyakan kita menghabiskan banyak waktu untuk bermain HP dan ini menganggu konsentrasi kamu tentang apa yang akan kamu lakukan. Jadi, cobalah untuk menghapus aplikasi yang tidak kamu butuhkan.

6. Meditasi

Sangat banyak manfaat yang kamu dapatkan ketika kamu bermidatasi, salah satu diantaranya adalah dapat mencegah dan meringankan stress, depresi dan kecemasan.

7. Membaca buku

Semakin banyak yang kamu baca maka semakin banyak pula ilmu yang kamu dapatkan, dengan membaca akan membuka sudut pandang lain mengenai dunia. Cobalah untuk memulai membaca buku buku ringan seperti The Alchemist karya Paolo Coelho, kamu akan disuguhkan petualang yang apik dan banyak pelajaran yang akan kamu dapat dalam buku tersebut.

8. Berolahraga

Dengan berolahraga setiap harinya akan membuat kamu menjadi lebih sehat, dan dengan biaya yang murah. Jadi, cobalah berolahraga dengan rutin setiap harinya.

9. Tetapkan tujuan, fokus pada sistemnya

Tujuan itu baik untuk menetapkan arah kamu, tapi sistem adalah yang terbaik untuk mendapatkan kemajuan, sejumlah masalah akan timbul ketika kamu terlalu banyak waktu memikirkan tujuan dan tidak menyediakan waktu yang cukup untuk merancang sistem yang akan kamu jalankan. Pemikiran panjang sejati adalah berpikir dengan sedikit tujuan.

10. Mencatat apa yang kamu kerjakan

Cobalah lebih sadar dengan kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan, contohnya dengan mencatat apapun yang kamu kerjakan, sehingga membuat kamu lebih dapat mengetahui dan mengontrol kebiasaan itu sendiri. Seorang filsul Carl Jung pernah berkata "Sampai Anda membuat yang tak disadari menjadi disadari, kebiasaan itu akan mengarahkan hidup Anda dan Anda akan menyebutnya nasib"

Mulai dari sekarang, coba lakukan perubahan kecil dari mulai dirimu sendiri. Semoga  menginspirasi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak