facebook

5 Manfaat Podcast yang Perlu Diketahui, Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Podcast yang Perlu Diketahui, Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur
Ilustrasi Melakukan Podcast (freepik)

Podcast adalah sebuah siaran yang dibagikan melalui situs web tertentu dengan bantuan internet. Beberapa diantaranya yang populer adalah Spotify dan YouTube. Tak hanya membagikan obrolan atau cerita, kegiatan ini juga memiliki beragam manfaat. Nah, berikut 5 di antaranya.

1. Menambah Wawasan

Tak sekadar bercerita, podcast juga dapat berupa pengalaman seseorang yang dikemas menjadi sebuah informasi berguna. Dengan rutin mendengarnya, tentu akan menambah wawasanmu di berbagai bidang.

Pengalaman tersebut seringkali ada kaitannya dengan kehidupan, meliputi pekerjaan, keluarga, pertemanan, atau hubungan asmara. Melalui podcast seperti ini, kamu bisa mengetahui berbagai tips atau solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

2. Menenangkan Pikiran

Tak hanya memperluas wawasan, podcast juga bisa menenangkan pikiran, lho. Manfaat ini diperoleh berkat beberapa jenisnya yang berisi kalimat motivasi sebagai alternatif untuk relaksasi. Dimana kamu bisa menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

Podcast seperti ini sangat cocok bagi kamu yang sedang merasa lelah atau mengalami stres. Selama mendengarkannya, pikiran dan tubuh seolah lebih tenang, serta membuatmu semakin siap untuk menghadapi masalah tersebut.

3. Bisa Dijadikan Hiburan

Seringkali podcast berisi sesuatu yang dapat membuat pendengarnya bahagia dengan tawa. Oleh karena itu, siaran tersebut bisa dijadikan hiburan kala suasana hati sedang terasa buruk. Disarankan mencari yang sekiranya mengandung hal-hal lucu.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kemampuannya dalam menenangkan pikiran dan memperbaiki suasana hati, podcast dapat membantumu untuk mencegah insomnia. Selain itu, siaran ini juga bisa meningkatkan kualitas tidurmu dengan memenuhi waktunya sesuai standar yang berlaku.

Gangguan sulit tidur tersebut nyatanya akan mempengaruhi kinerja otak serta kurang baik bagi kesehatan bagian tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan isi podcast yang dibuat agar serupa dengan dongeng pengantar tidur. Cobain, deh.

5. Mampu Mengurangi Rasa Bosan

Podcast juga dapat kamu jadikan salah satu cara untuk mengurangi bosan. Perasaan ini seringkali muncul saat seseorang tidak melakukan apapun di waktu luang. Jadi, cobalah isi liburanmu dengan mendengar siaran tersebut.

Itulah kelima manfaat yang bisa diperoleh dari podcast selain berbagi cerita. Apakah kamu termasuk salah satu yang sering mendengarkannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak