facebook

5 Tanda Kamu Tidak Menghargai Diri Sendiri, Salah Satunya Selalu Merasa Insecure!

Joni Herwanto
5 Tanda Kamu Tidak Menghargai Diri Sendiri, Salah Satunya Selalu Merasa Insecure!
Ilustrasi wanita sedang berkaca. (pexels/AndreaPiacquadio)

Kamu selalu ingin dihargai oleh orang lain. Sayangnya, kamu sendiri suka lupa untuk menghargai diri kamu sendiri. Memang terdengar sepele, tapi menghargai diri sendiri juga perlu kamu usahakan karena bisa memengaruhi pola pikir bagaimana kamu dan memperlakukan diri kamu sendiri.

Lalu, bagaimana kamu bisa mengetahui apakah kamu sudah menghargai diri sendiri? Berikut lima tanda bahwa kamu tidak menghargai diri sendiri.

1. Menganggap Remeh Diri Kamu Sendiri

Tanda kamu tidak menghargai diri sendiri yang pertama, dapat dilihat dari cara kamu menganggap remeh dirimu. Padahal, kamu memiliki bakat dan kualitas yang dapat kamu gunakan untuk berkembang. Sayangnya, kamu selalu merasa diri kamu kurang, sehingga lebih suka memberi komentar jelek kepada diri kamu sendiri.

Kamu mungkin terlalu fokus pada kekurangan, sehingga tidak sempat melihat hal baik yang lebih besar dalam diri kamu.

2. Selalu Menyenangkan Orang Lain

Selalu menyenangkan orang lain menjadi salah satu tanda bahwa kamu tidak menghargai dirimu sendiri, tapi tanda ini jarang disadari. Tentu saja kamu boleh berusaha untuk menyenangkan orang lain, tetapi jangan terlalu berlebihan hingga kamu mengorbankan diri kamu sendiri.

Kalau kamu selalu menyenangkan orang lain, itu sama saja kamu menggantungkan kebahagian kamu pada orang lain. Sementara, kamu tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk memutuskan apa yang membuat kamu bahagia.

3. Selalu Menganggap Diri Kamu Gagal

Kegagalan adalah sesuatu yang wajar, sebagian orang mengalami kegagalan sebelum meraih kesuksesan. Jadi, jika kamu belum mencoba sesuatu tetapi sudah beranggapan bahwa kamu akan gagal, justru itu hanya akan membuat kamu terpuruk dan tidak memiliki keinginan untuk melakukan perubahan. Belajarlah menghargai hal-hal kecil yang terjadi pada dirimu. Dengan begitu, kamu sama halnya sedang belajar menghargai dirimu sendiri.

4. Merasa Insecure dengan Penampilan

Selain ketiga hal di atas, selalu merasa insecure dengan penampilan juga menjadi tanda kamu tidak menghargai dirimu sendiri dan harus segera dihindari. Kamu sering merasa buruk dengan penampilan kamu, sehingga kamu tidak yakin dengan bentuk tubuh atau apa pun yang kamu kenakan.

Padahal, kenyataannya tidak demikian. Semua orang itu memiliki ciri khasnya masing-masing dan setiap orang bisa menciptakan standar kecantikan dirinya sendiri, termasuk kamu. Jadi, kamu perlu memperbaiki pola pikir kamu agar lebih bisa menghargai diri kamu sendiri.

5. Merasa Bersalah Ketika Mengikuti Kata Hati

Jangan pernah merasa bersalah ketika mengikuti kata hati, karena tindakan ini menandakan kamu tidak menghargai dirimu sendiri. Kamu terlalu banyak mendengarkan apa yang dikatakan orang lain dan membiarkan orang lain mengatur hidup kamu. Sehingga kamu merasa bersalah ketika mengikuti kata hati kamu. Padahal, kamu juga berhak menentukan dan memilih apa yang baik untuk hidup kamu.

Itulah lima tanda kamu tidak menghargai diri sendiri. Nah, Jadi mulai saat ini, hargai diri kamu sendiri dengan menghilangkan kebiasaan di atas, ya. Sebab, kamu berhak bahagia dan hidup dengan cara kamu sendiri. Semoga membantu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak