facebook

Ingin Menidurkan Si Kecil? Ini 5 Daftar Buku Cerita Anak yang Wajib Kamu Coba

Harrafi Mulki
Ingin Menidurkan Si Kecil? Ini 5 Daftar Buku Cerita Anak yang Wajib Kamu Coba
Ilustrasi Bayi (Pixabay) / Artist and zabiyaka

Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk menidurkan si kecil di malam hari. Salah satunya adalah kalian bisa menyanyikan beberapa lagu anak-anak. Misalnya saja lagu nina bobo. Lagu nina bobo sudah sedari dulu eksis membantu para orang tua untuk menidurkan anak-anak mereka. Bahkan saya yakin, banyak di antara kalian juga yang saat ini sudah menjadi orang tua, dulu pernah dinyanyikan lagu nina bobo.

Selain dengan menyanyikan lagu anak-anak, ada juga metode lain yang bisa kalian lakukan untuk menidurkan si kecil. Metode tersebut adalah dengan bercerita atau mendongeng. Bercerita atau mendongeng dapat membantu kalian untuk menidurkan buah hati. Dengan menceritakan buku-buku dongeng, kalian akan mendapat beberapa manfaat.

Seperti mata uang koin, di sisi sebelah kanan kalian bisa dengan mudah menidurkan anak. Namun, di sisi lainnya, kalian juga membantu menumbuhkembangkan aspek-aspek nalarnya. Karena secara tidak langsung, kalian sudah mulai mengajari anak-anak kosa kata baru yang belum pernah ia dengar. Mungkin menjadi pertanyaan di benak kalian, sejak kapan anak sudah bisa dibacakan buku cerita? Sebenarnya, sejak balita sudah bisa kalian terapkan. Bisa juga sejak 1 tahun pertama perkembangan si buah hati.

Jika kalian mencari daftar buku cerita yang menarik dan ringan untuk dibacakan kepada anak-anak, kalian berada di tempat yang tepat. Karena artikel ini akan membantu kalian mengetahui 5 buku cerita anak yang bisa kalian coba!

1.  Kesaktian Indra Maulana 

Cerita anak tentang kesaktian Indra Maulana bisa kalian dapatkan gratis di media-media internet. Kalian hanya tinggal mengetik-kan cerita "kesaktian indra maulana" di Google dan cari beberapa website penyedianya. Sedikit mengenai cerita kesaktian Indra Maulana, ditulis oleh Dwi Antari yang diterbitkan oleh badan pengembangan dan pembinaan bahasa pada tahun 2016. Buku ini bercerita mengenai seorang anak bernama Indra Maulana yang memiliki status anak raja. Namun, ayahnya tidak menyukai Indra. Ia sakti, tapi belum diketahui oleh kedua orang tuanya. Beberapa kali sempat terjadi percobaan pembunuhan kepada indra maulana, tetapi tidak berhasil. Sehingga, ia ditugaskan untuk mencari bunga pujenggi sebagai misi rahasia kebahagiaan Indra Maulana.

2. Datuk Meliang Belah

Cerita anak-anak berjudul datuk diambil dari silsilah keluarga datuk meliang belah. Penulis dari cerita ini adalah Prima Haryanto yang menerbitkan bukunya di Badan Pengembangaan dan Pembinaan pada tahun 2016. Cerita dari datuk meliang belah adalah memantik memanfaat dari adanya rasa bersyukur atas anugrah yang sudah diberikan tuhan kepada kita semua. 

3. Karena Berebut Kelekak

"Karena Berebut Kelekak" adalah cerita rakyat yang berasal dari bangka belitung. Cerita ini ditulis oleh Hidayatul Astar dan diterbitkan pada tahun 2016 di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Awalnya, tema cerita dari "Karena Berebut Kelekak" adalah pengembangan dari cerita yang ditulis oleh Akhmad Elvian dan Suhada pada tahun 2002. Namun, karena sasaran pembacanya adalah anak-anak, maka alur ceritanya diubah dan diperbaharui sehingga relevan dengan usia buah hati. Adapun isi cerita buku ini adalah memberitahukan tentang dinamika masyarakat dan kearifan lokal budaya setempat dari daerah bangka belitung.

4. Ular Hitam Bukit Tenganan

Cerita rakyat asal bali ini ditulis oleh Cokorda Istri Sukrawati dan diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa tahun 2016. Adapun isi dan kisah yang diangkat pada cerita "Ular Hitam Bukit Tenganan" ini adalah kisah-kisah budaya bali yang menyinggung tentang legenda serta kearifan lokal masyarakat bali.

5. Cerita dari Tanah Papua

Rekomendasi terakhir adalah cerita dari tanah Papua. Cerita ini ditulis oleh Muhammad Jaruki yang dipublish tahun 2016 oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Adapun cerita ini mengisahkan mengenai alur budaya keragaman di tanah Papua. sangat cocok sekali kepada kamu yang ingin memperkenalkan keankearagaman budaya dari tanah yang jauh.

Itu tadi kelima buku cerita anak-anak yang bisa kamu dapatkan secara gratis melalui internet. Terus mendongengkan si buah hati ya supaya memiliki postur nalar yang baik !

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak