facebook

4 Cara Mengatasi Orang yang Suka Menjatuhkan Kamu

Sumaiyah Putri
4 Cara Mengatasi Orang yang Suka Menjatuhkan Kamu
Ilustrasi wanita (Pexels/Sound On/sumaiyah)

Baik dilingkungan sosial, pertemanan, tempat kerja, sekolah dan lingkungan lainnya, pasti kamu akan bertemu dengan orang yang tidak menyukai kamu. Karena sebaik apapun kamu, jika orang itu tidak suka, tetap saja dia akan menunjukkan sikap yang baik.

Mungkin orang yang tidak menyukai kamu akan mencoba untuk menjatuhkan kamu atau menjelekkan kamu, tetapi jangan sampai kamu terpancing dan membalas perlakuan kamu, karena itu adalah hal yang tidak penting dan tidak ada gunanya sama sekali.

Berikut ini beberapa cara untuk menghadapi orang yang suka menjatuhkan kamu:

1. Bersikap Cuek

Orang yang jahat kalau ditanggapi akan makin menjadi-jadi. Namun, sebaliknya kalau kamu cuek, dengan sendirinya dia akan berhenti.

Cobalah untuk tidak mudah baper dengan kata-katanya, tetaplah percaya diri karena apa yang dia katakan belum tentu benar.

2. Fokus dengan Diri Kamu Sendiri

Walaupun kamu merasa iri dengan tindakan dia yang suka menjatuhkan kamu, jangan ambil pusing dan tetap fokus pada diri sendiri.

Kamu tidak akan bisa mengatur bagaimana orang lain menilai kamu, jadi kamu harus bisa mengatur perasaan dan tanggapan kamu atas dia.

3. Jangan Membicarakannya dengan Orang Lain

Dijatuhkan oleh orang lain pasti akan membuat kamu kesal sehingga kamu ingin mengadu kepada orang lain. Sebisa mungkin hindari hal-hal seperti ini, karena karena kalau kamu melakukannya, kamu sama dengannya.

Kalau memang kamu mau menyelesaikan masalah, ajak dia bicara secara langsung dan beri tahu apa yang membuat kamu keberatan.

4. Bersikap Tegas

Kalau satu dua kali dia memotong kamu, itu mungkin masih bisa dimaafkan. Tetapi kalau dia sudah kelewatan, jangan biarkan dia menginjak-injak kamu. Ini tidak dimaksudkan untuk membalas dendam tetapi kamu harus tegas dan menjelaskan bahwa kamu tidak suka dengan sikapnya.

Jangan pernah merasa takut dengan orang yang suka menjatuhkan kamu, karena makin kamu takut maka dia juga akan merasa makin berkuasa. Tunjukkan bahwa kamu bukanlah orang yang bisa diperlakukan seenaknya dengan cara yang tegas.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi orang yang suka menjatuhkan kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak