facebook

5 Cara Menghadapi Masalah dengan Tenang

Sumaiyah Putri
5 Cara Menghadapi Masalah dengan Tenang
Ilustrasi pria tenang (pexels/ Andrea Piacquadio/sumaiyah)

Setiap orang pasti memiliki masalah, namun tidak setiap orang dapat mengatasi masalah dengan baik. Kadang-kadang, masalah kehidupan yang besar membuat seseorang menjadi emosi dan tidak mampu berpikir secara jernih. Padahal, untuk menghadapi masalah diperlukan ketenangan pikiran sebagai kuncinya.

Agar saat menghadapi masalah tetap tenang, kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut ini:

1. Berpikir Positif

Terlepas dari seberapa buruk masalah yang Anda hadapi, cobalah untuk tetap positif. Usahakan untuk tidak memandang suatu masalah dari satu sisi saja, karena seburuk apapun dirimu, pasti masing-masing punya contoh dan hal positif yang bisa diambil.

2. Jangan Fokus pada Masalahnya

Seburuk apapun masalah yang kamu hadapi, cobalah untuk tetap berpikir positif. Jangan melihat masalah dari satu sisi saja, karena seburuk apapun masalah yang kamu alami, pasti semua menyimpan pelajaran yang bisa diambil dan ada hikmahnya.

3. Ceritakan Masalah Kamu pada Orang Lain

Masalah yang kecil kalau kamu simpan secara sendiri, lama-lama bisa menjadi besar. Jadi, tidak ada salahnya untuk menceritakan masalah kamu pada orang lain. Walaupun itu tidak memberi kamu jalan keluar, setidaknya hal  itu dapat meringankan beban pikiran kamu.

4. Atur Napas

Saat dihadapkan dengan suatu masalah, seseorang akan dengan mudah bersikap panik. Untuk menenangkan diri, pertama-tama cobalah berhenti sejenak dan beristirahat untuk mengatur napas. Ketika pikiran kamu sudah tenang, kamu juga akan lebih mudah untuk mencari solusinya.

5. Ambil Tindakan

Kalau hanya memikirkan masalah tanpa mengambil tindakan, masalah tidak akan selesai dengan sendirinya. Jika kamu sudah memikirkan jalan keluarnya, ambil tindakan yang menurut kamu benar. Semakin cepat kamu mengambil tindakan, semakin baik juga hasilnya.

Tidak ada manusia yang terbebas dari masalah sesempurna apapun hidupnya, jadi kalau saat ini kamu menghadapi masalah, ingatlah bahwa kamu tidak sendiri. Masalah hidup itu pasti ada, namun kamu bisa dengan cara yang tenang untuk menghadapinya.

Itulah lima cara untuk menghadapi masalah dengan tenang yang bisa kamu terapkan, agar tidak selalu menyalahkan keadaan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak