facebook

Antisipasi Kecanduan Gadget, Begini Solusinya!

Zulfa Aulia Nurfaiza
Antisipasi Kecanduan Gadget, Begini Solusinya!
Ilustrasi kecanduan gadget generasi masa kini. (Pexels.com/zulfaaulia)

Friends, pernah nggak kalian hidup seharian tanpa gadget? Ketika kalian bisa terlepas dari gadget akan ada beberapa hal positif yang akan kalian dapatkan seperti dapat lebih menikmati kehidupan dengan lebih nyata, berbincang-bincang dengan orang sekitar tanpa terganggu notifikasi ponsel, mata terasa segar dan punggung terasa bebas dari kesemutan.

Namun dampak kurang menyenangkan yang juga akan didapatkan yakni tertinggal update informasi, kabar berita bahkan koenksi dengan rekan kerja akan terhambat.

Begitu juga ketika kita menggunakan ponsel secara berlebihan, selain penglihatan kita akan berkurang karena terlalu sering menatap layar gadget, kita juga akan dilanda pemborosan akibat kuota yang cepat habis jika non stop membuka jendela media sosial yang kurang bermanfaat.

Saat kecanduan gadget sudah melanda pada diri kita, kepekaan sosial terhadap lingkungan sekitar pun akan menghampiri. Kita tidak lagi berfokus pada lawan bicara yang ada di hadapan kita, kita justru asyik bermain ponsel meskipun sebenarnya yang kita lihat di ponsel adalah hal-hal monoton yang sudah sering kita lihat sebelumnya.

Sikap inilah yang harus kita waspadai bukan hanya untuk anak-anak yang terlalu dini untuk bermain gadget, tetapi juga untuk kita yang sudah dewasa agar tidak dicap kurang sopan ketika sedang mengobrol dengan orang lain.

Berikut  solusi untuk antisipasi kecanduan gadget:

1. Prioritaskan penggunaan gadget hanya saat waktu tertentu

Tips pertama untuk melepaskan kecanduan atau mengantipisipasi kecanduan kita terhadap gadget yakni dengan menentukan batasan waktu mana saja yang mengharuskan kita membuka gadget.

Ada beberapa hal yang bisa kita jadikan sebagai prioritas untuk membuka gadget seperti saat panggilan pekerjaan, pengumpulan tugas, melihat pengumuman di grup kelas atau grup perusahaan, menghubungi orang yang kita butuhkan saat dalam keadaan mendesak, dan melihat jadwal kegiatan yang mungkin kita catat di dalam gawai kita ini.

Di luar itu semua, terlebih menggunakan gadget hanya untuk sekadar bermain game, scroll beberapa platform media sosial dan aktivitas berselancar yang kurang bermanfaat lainnya ada baiknya pelan-pelan kita tinggalkan.

Melatih kebiasaan ini mungkin sedikit sulit namun ketika kita yakin dan berfokus pada niat untuk menghindari kecanduan gadget maka kita pasti bisa.

2. Hindari menginstall aplikasi yang rendah guna

Tips kedua yakni sebisa mungkin menahan diri untuk mengintasll aplikasi yang rendah guna atau yang tidak bermanfaat.

Selain mencegah ponsel kita mengalami pengurangan kapasitas daya tamping memori, dengan tidak menginstal aplikasi yang kurang bermanfaat juga dapat menyelamatkan data-data kita dari adanya hacker yang bisa saja membobol data pribadi melalui kata sandi yang kita miliki.

Software gawa kita juga akan terlindungi karena tidak banyak virus yang masuk akibat pengunduhan aplikasi ilegal. Waktu dan uang pun akan terselamatkan dari pemborosan saat kita mengakses aplikasi tersebut.

Sehingga kita dapat memanfaat waktu luang dengan bercengkerama bersama keluarga, menyimpan uang kita untuk ditabung dan persiapan dana darurat untuk hal yang lebih penting lainnya.

3. Terapkan jam bermain ponsel atau screening time

Tips ketiga yakni menjadwalkan pada jam berapa saja kita bisa membuka gawai kita untuk sejenak membaca-baca berita, sejenak mendengarkan musik dan lain sebagainya.

Terlebih ketika waktu menjelang istirahat malam, sebisa mungkin kita jauhkan ponsel dari jangkauan kita agar kita tidak tergerak untuk memainkannya sampai larut malam bahkan tidak terasa sampai menjelang pagi hari.

Apalagi ketika status kita sudah menjadi orangtua maka haruslah berhati-hati dengan apa yang kita perlihatkan di depan anak-anak karena mereka akan dengan mudah menangkap serta menirukan hal-hal yang dilakukan oleh orangtuanya.

Termasuk ketika kita melarang anak-anak bermain gadget terlalu lama, maka secara bijaksana kita juga harus mencontohkan hal tersebut.

4. Alihkan dengan kegiatan lain yang dapat dilakukan tanpa memerlukan ponsel

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan selain hanya menghabiskan waktu dengan menatap layar gawai. Kita bisa berolahraga, memasak, membaca buku, mengobrol dengan teman ,keluarga yang saat itu berada di dekat kita, merawat tanaman dan lain sebagainya.

Sejalan dengan member waktu untuk mata kita agar beristirahat dari paparan layar gawai, kita juga mengistirahatkan mesin gawai agar tidak cepat rusak, panas sehingga ponsel kita lebih berusia panjang.

Sekian tips sederhana untuk mengantisipasi kita dari kebiasaan buruk berupa kecanduan gadget. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak