facebook

5 Hal yang Menandakan Kamu Pemikir Mendalam, Salah Satunya Lebih Suka Menyendiri

Joni Herwanto
5 Hal yang Menandakan Kamu Pemikir Mendalam, Salah Satunya Lebih Suka Menyendiri
Ilustrasi wanita pemikir mendalam. (pexels/Thirdman)

Orang pemikir mendalam tidak sama dengan orang yang berpikir berlebihan atau overthinking. Orang yang overthinking cenderung memikirkan masalah, bukan solusinya. Sementara orang yang berpikir mendalam selalu memikirkan solusi dari suatu masalah hingga ke akar-akarnya, bahkan jika itu bukan masalah pribadinya.

Apa pun yang menurutnya menarik akan dicari tahu hingga rasa penasarannya terpuaskan, itulah orang yang suka berpikir mendalam. Untuk mengetahui apakah kamu orang pemikir mendalam atau tidak, berikut lima tandanya.

1. Lebih Banyak Mendengarkan

Salah satu ciri orang yang berpikir mendalam adalah lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Dia tahu kapan harus berbicara dan kapan harus diam. Selain itu, dia lebih banyak diam karena menggunakan lebih banyak waktunya untuk berpikir.

2. Melihat Segala Hal dari Berbagai Perspektif

Tanda orang yang berpikir mendalam cenderung melakukan banyak pengamatan ketika orang lain berbicara. Pengamatan situasi sosial tentang bagaimana orang bereaksi dan merasakan merupakan fitur kuat dari kepribadian pemikir yang mendalam. Dia belajar dengan cepat dan tau bagaimana menyesuaikan diri saat berkomunikasi dengan orang lain.

3. Lebih Suka Menyendiri

Orang pemikir mendalam lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyendiri karena dia butuh ketenangan. Waktu menyendiri tersebut dia habiskan untuk memikirkan banyak hal seperti kaidah sebab akibat, kejadian dalam hidup atau masalah sehari-hari.

4. Berpikir Sebelum Berbicara

Bukannya dia takut membuat orang lain tersinggung dengan perkataannya, tetapi dia tahu apa yang penting dan tidak untuk dikatakan pada orang lain. Dia tidak sembarangan mengatakan semua hal pada orang lain, sebab dia tidak mau membuang waktunya untuk hal yang tidak berguna.

5. Memperhatikan Hal yang Tidak Dipikirkan Orang Lain

Salah satu tanda orang pemikir mendalam lainnya, adalah dia menghabiskan begitu banyak waktu untuk berpikir. Bahkan, dia memperhatikan sesuatu yang kebanyakan orang lain tidak pikirkan. Namun, ini membuat dia lebih peka dan berhati-hati terhadap keadaan yang ada di sekitar dia.

Itulah lima tanda seorang pemikir mendalam. Nah, jika tanda-tanda tersebut ada di dalam diri kamu, itu tandanya kamu adalah orang pemikir mendalam. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak