facebook

4 Cara Ini Bisa Membantu Intonasi Bicaramu Lebih Beraturan, Wajib Dicoba!

Dea Nabila Putri
4 Cara Ini Bisa Membantu Intonasi Bicaramu Lebih Beraturan, Wajib Dicoba!
Seseorang yang sedang berlatih berbicara di depan umum. (unsplash.com)

Bagi beberapa orang, berbicara di depan umum adalah hal yang menyenangkan. Biasanya hal ini dirasakan oleh orang orang yang berkepribadian ekstrovertNamun, bukan berarti orang-orang  ekstrovert tidak perlu melatih intonasi untuk berbicara di depan umum.

Mereka biasanya memiliki teknik-teknik khusus agar tidak berantakan dan merasa demam panggung saat berbicara di publik. Berbagai macam cara bisa kita lakukan agar intonasi kalimat yang akan kita ucapkan tidak berantakan dan terdengar jelas. Lalu, bagaimana caranya?

Berikut empat jenis latihan berbicara agar intonasi bicaramu lebih beraturan.

1. Tongue Twister

Latihan intonasi bicara ini bisa dilakukan dengan mengucapkan atau melafalkan kalimat-kalimat yang sulit dengan tempo bicara yang cepat. Latihan Tongue Twister melatih kita agar fokus dan bisa mensikronisasi otak dan mulut.

Contoh kalimat yang bisa digunakan adalah kalimat "kelapa gading kepala daging," yang dilakukan secara cepat dan berulang. Tongue Twister ini juga bisa menggunakan bahasa asing agar pelafalan lebih jelas dan mudah dimengerti oleh orang banyak.

2. Read Aloud

Read Aloud adalah latihan membaca buku atau tulisan dengan artikulasi yang jelas dan suara yang lantang, ini melatih kekuatan bicara dan luwesnya mulut dalam melafalkan kata per kata. Cobalah untuk membaca sebuah artikel yang penuh dengan bahasa baku di depan kaca dengan suara lantang dan ekspresi mendukung.

Hal tersebut membuatmu lebih percaya diri dan bisa mengurangi rasa grogi bila telah berada di tengah panggung. Dengan begitu, intonasi berbicaramu pun bisa lebih beraturan.

3. Lip Trill

Latihan Lip Trill bisa kamu lakukan sebelum tampil dengan menggetarkan bibi selama 2 menit guna meluweskan kita saat berbicara. Latihan ini juga bisa menggunakan paduan kata dengan huruf yang memiliki teknik khusus untuk dilafalkan, seperti huruf R, S,B,F, L, dan huruf lainnya. Tidak hanya itu, lip trill ini membuatmu lebih jelas secara artikulasi dan intonasi dalam berbicara.

4. Vocal Warming

Pemanasan vokal atau intonasi agar lebih beraturan ini dilakukan dengan cara melafalkan huruf vokal dengan maksimal, seperti A I U E O, RA RI RU RE RO. Walaupun biasa digunakan dalam latihan vokal untuk menyanyi, Vocal Warming juga bisa memperjelas padanan kata yang kamu gunakan untuk disampaikan ke khalayak ramai.

Itulah empat cara yang bisa membantu intonasi berbicaramu lebih beraturan saat berbicara di depan umum atau publik. Semua hal perlu dilatih, karena seperti kata pepatah, 'bisa karena biasa.' Membiasakan diri untuk mempelajari cara berkomunikasi yang baik dan benar bisa meng-improve kemampuan kamu di bidang lainnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak